Mengenal Jenis-Jenis Jembatan Kereta Api

0
38

JENIS-JENIS JEMBATAN :

Keretapedia – Prasana Perkeretaapian salah satunya adalah Jembatan, yang merupakan salah satu prasarana yang berperan sangat vital dalam aliran perjalanan (traffic flows). Dari berbegai jenis-jenis pada konstruksi jembatan kereta api, semua fungsi jembatan pada umumnya adalah untuk menghubungkan dua daratan yang terpisah dan/atau terdapat halangan.

Dalam prasarana kereta api, terdapat beberapa jenis-jenis jembatan kereta api yang dibangun. Mulai dari jenis jembatan kereta berbahan baja, jembatan berbahan beton precast atau jembatan kereta yang menggunakan kedua bahan tersebut atau biasa disebut jembatan komposit. Berdasarkan material untuk struktur jembatan, dibagi menjadi 2 (dua) yaitu :

JEMBATAN BAJA

Strukur yang terdiri dari rangkaian batang baja dengan ukuran sesuai desain, rangka baja yang telah tersedia dan dihubungkan satu dengan yang lainnya menggunakan Baut. Berikut tipe jembatan baja :

JEMBATAN GELAGAR

Gelagar utama dihubungkan secara melintang dengan balok lantai, kemudian membentuk pola grid dan akan menyalurkan beban bersama – sama. ada dua jenis jembatan gelagar pada kereta api, yaitu Jembatan gelagar rasuk dan gelagar dinding.

JEMBATAN GELAGAR RASUK

Pada jembatan ini terdapat bagian penahan komponen yang seluruhnya berada dibawah jalan rel. Gelegar adalah komponen lentur yang merupakan stuktur atas utama dan menerima beban dari balok lantai dan balok menanjang.

jembatan gelagar rasuk kereta
Contoh Jembatan Gelagar Rasuk

JEMBATAN GELAGAR DINDING (Through Girder Bridge).

Jembatan yang dimana elevasi permukaan rel berada dekat bagian bawah dan kereta melintas langsung diantara gelegar. Gelegar adalah bagian komponen lentur yang merupakan bagian struktur atas utama dan menerima beban dari balok lantai dan balok melintang

jembatan gelagar dinding kereta
Contoh : Jembatan Gelagar Dinding

JEMBATAN RANGKA

Jembatan yang terdiri dari elemen – elemen berbentuk batang disusun dengan pola dasar menerus dalam struktur segitiga kaku. Elemen – elemen tersebut dihubungkan dengan sambungan pada ujunganya. Setiap bagian menahan beban axial juga tekan dan tarik.

Jembatan Rangka dibagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu :

jenis-jenis jembatan rangka kereta
Sebelah kiri adalah Contoh Jembatan Rangka Dinding
Sebelah Kanan adalah Contoh Jembatan Rangka Rasuk

JEMBATAN RANGKA DINDING (Through Truss Bridge).

Jembatan rangka dinding
Contoh Jembatan Rangka Dinding Kereta Api

JEMBATAN RANGKA RASUK (Deck Truss Bridge)

Struktur yang menerima gaya yang timbul dari beban diatasanya langsung diterima oleh gelagar induk, kemudian langsung ke andas baja yang terletak di pangkal atau pilar.

Jembatan Rangka rasuk Deck Truss Bridge
Contoh Jembatan Rangka Rasuk

JEMBATAN BETON

Kontruksinya menggunakan material beton dan  biasa digunakan untuk kontruksi jalan raya namun ada juga dalam perkeretaapian.

Baca Juga :
1. Mengenal Pembangunan Jembatan dengan Metode Balance Cantilever.
2. Longspan LRT Jabodebek terpanjang di Dunia.

Jembatan beton bertulang biasa memiliki bentang 15-25 meter. Bagian struktur jembatan bertulang sendiri terdiri dari bangunan atas, landasan, bangunan bawah, pondasi, oprit dan bangunan pengaman jembatan. 

Struktur pondasi beton umumnya bertulang tebal hingga 25 cm.  Beton bertulang sendiri merupakan beton yang ditulangi dengan luas dan jumlah tulangan tidak kurang dari nilai minimumnya. Selain beton bertulang ada pula beton prategang yang banyak digunakan saat ini yaitu Jembatan Gelagar, Jembatan Portal Kaku, Jembatan Busur.

JEMBATAN KOMPOSIT

Struktur gelagar jembatan yang dirancang dengan menggabungkan dua bahan yang berbeda antara bahan baja dan beton. dikategorikan sebagai konstruksi komposit apabila antara kedua bahan tersebut (pelat beton dan balok baja) terjadi aksi komposit (composite action) yang baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here