Long Span LRT Jabodebek terpanjang di dunia

1
11

LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) JABODEBEK

KERETAPEDIA – Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang melintas antara Bekasi – Cawang, Cibubur – Cawang, dan Cawang – Dukuh Atas yang saat ini sedang dikerjakan oleh PT. Adhi Karya (Persero_ Tbk.

Konstruksi LRT Jabodebek menggunakan jalur layang atau elevated yang sebagian besar menggunakan jembatan beton (U-shape Girder). Adapun jenis jembatan yang diresmikan kemaren ialah tipe box girder beton dengan radius lengkung 115 meter, panjang bentang utama 148 meter dan beban pondasi pengujian 4.400 ton.

Longspan atau bentang panjang ini belakangan menuai banyak pujian. Karena longspan yang ada di lintasan Kuningan LRT Jabodebek sendiri menjadi salah satu struktur jembatan kereta api lengkung dengan struktur beton terpanjang di dunia dan merupakan hasil kerja nyata karya anak bangsa. 

KARYA ANAK BANGSA

Dialah Sang Insinyur lokal yang mendesign jembatan tersebut, Ibu Arvila Delitriana atau biasa disebut Ibu Dina. Ibu Dina merupakan insinyur lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Tidak hanya pada LRT Jabodebek. beliau terlibat juga pada beberapa kegiatan seperti :

  • Merancang jembatan kali kuto di Semarang
  • Jalan layang khusus Busway ruas Adam Malik.
  • Jembatan kereta api Cirebon – Kroya
  • Jembatan perawang dan jembatan pedamaran 1 dan 2 di Riau.

Pembangunan longspan ini menggunakan metode concentrate box grider balance cantiviler dengan bentuk melengkung sepanjang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter tanpa tiang pier dan beton yang digunakan seberat 9.688,8 ton.

Dari hasil karyanya ini Bu Dina meraih dua penghargaan dari Museum Record Indonesia (MURI) sebagai jembatan kereta box beton bentang terpanjang dan radius terkecil, serta jembatan dengan pembebanan axial static loding test pada pondasi bored pile dengan beban terbesar di Indonesia.

Tentunya bukan perkara mudah hasil karyanya sampai sejauh ini tanpa hambatan. Metode jembatan yang dia ajukan mampu mengalahkan 3 metode lainnya dari Prancis yang menggunakan pondasi tengah yang tentu sulit dikerjakan.

Karyanya pun sempat diragukan oleh konsultan supervisor yang berasal dari Jepang. Namun dengan keyakinan dan ilmu yang dimiliki, hasil karyanya mampu dipercaya dan pembangunannya dapat berjalan dengan lancar.

Semoga dengan hasil yang diraih saat ini mampu membanggakan Indonesia di mata dunia, patut kita apresiasi dan menjadi semangat untuk terus belajar dan bermanfaat bagi pembangunan Indonesia Maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here