Rel Ketiga (third rail) pada Kereta LRT

1
15

PENGERTIAN REL KETIGA

KERETAPEDIA – Fungsi rel ketiga pada LRT sama seperti halnya KRL yang dapat berjalan karena ada aliran listrik sebesar 1500VDc yang dihantarkan dari Pantograph KRL dengan Kabel Listrik Aliran Atas sehingga KRL dapat beroperasi. Namun, dalam sistem pengoperasian pada Light Rail Transit (LRT) tidak menggunakan kabel listrik aliran atas, Sarana LRT mendapat aliran listrik dari kontak antara Rel Ketiga (third rail) sebagai rel konduktor dengan Contact Shoe (posisi di sarana).

Dikutip dari Wikipedia, bahwa fungsi dari Rel ketiga (Third rail) adalah rel konduktor sebagai media penyedia tenaga listrik bertraksi untuk kereta api yang menggunakan rel tambahan atau rel ketiga. Pada umumnya, rel ketiga (third rail) ditempatkan pada sisi luar jalur kereta dan ada juga beberapa yang ditempatkan di tengah-tengah jalur kereta.

GAMBARAN REL KETIGA (THIRD RAIL)

Rel ketiga (Third Rail) ditunjang oleh isolator keramik (dikenal sebagai “pot”) dan pada keretanya memiliki sebuah kontak logam yang disebut “shoes” (atau “contact shoes“, yang bersentuhan langsung dengan rel ketiga (third rail).

Rel Ketiga (Third Rail) biasanya terbuat dari baja berkonduktivitas tinggi, dan jalur kereta yang terhubung elektris menggunakan kawat obligasi atau perangkat lain, untuk meminimalisir resistensi di sirkuit listrik.

Dengan menggunakan sistem rel ketiga (Third rail) lebih murah untuk dipasang dari pada kabel listrik aliran atas, karena tidak ada struktur untuk penyangga kabel listrik aliran atas yang diperlukan, dan tidak ada biaya tambahan untuk membuatnya di jembatan ataupun di terowongan. Namun, karena sistem rel ketiga (third rail) memiliki bahaya sengatan listrik karena posisinya yang berada dekat dengan tanah oleh karena itu tidak dianggap aman.

Seperti terlihat pada gambar, Rel ketiga (third rail) seperti kepala rel terbalik yang terletak berada dalam selimut isolasi (cover pelindung) dan ditopang oleh batang bracket yang menahan di bantalan (sleeper)

Dikebanyakan sistem yang digunakan saat ini, selimut isolasi (cover pelindung) disediakan di atas rel ketiga (third rail) yang berguna untuk melindungi pegawai atau tenaga perawatan yang bekerja di dekat rel aman dari sengatan.

MACAM-MACAM KONTAK REL KETIGA :

Posisi gesekan antara Contact Shoes dengan rel ketiga (third rail) dibuat berdasarkan design dan perencanaan awal, ada beberapa yaitu :

  1. Bersentuhan lewat sisi (disebut kontak sisi);
  2. Bersentuhan lewat bawah (disebut kontak bawah). 

Ketika Contact Shoes bergesekan dengan posisi :

  1. Bagian atas bergesekan dengan Third Rail , disebut gesekan atas;
  2. Bagian bawah bergesekan dengan Third Rail , disebut gesekan bawah.
Macam-macam kontak rel ketiga

Dari berbagai sumber

Comments are closed.