Celah Sambungan Rel (Jarak Siar Rel)

1
536

FUNGSI CELAH REL

Pemberian celah pada sambungan rel atau jarak siar rel berfungsi dan bertujuan untuk menampung timbulnya perubahan panjang rel akibat dari perubahan suhu dilapangan. Jika kondisi dilintas mengalami suhu panas kemudian rel mengalami pemuaian. Maka celah ini yang akan menampung panjang rel tersebut akibat dari pemuaian.

Penentuan jarak celah sambungan rel telah ditentukan dengan berbagai kondisi. Jika terjadi kesalahan pemasangan sambungan yang kecil akan berakibat rel mengalami spateng atau rel keriting dan ketika lebar celah sambungan rel terlalu besar maka bisa berakibat rel mengalami depek pada ujung rel dan bisa jadi mengakibatkan patah pada sambungan rel akibat dari hentakan roda kereta yang besar.

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI :

  • Tipe rel yang digunakan;
  • Ukuran panjang dan pendeknya rel;
  • Jenis Bantalan yang digunakan; serta,
  • Suhu pemasangan ketika rel akan dipasang.

Baca juga :
1. Jenis bantalan rel kereta api (sleepers) yang ada di Indonesia.
2. Fungsi plat sambung rel kereta.
3. Fungsi dan jenis-jenis rel di kereta api.

CARA MENENTUKAN SAMBUNGAN REL :

Untuk semua tipe rel, untuk rel standard dan rel pendek sebagai berikut :

tabel celah rel
Besar celah untuk semua tipe rel

Pada sambungan rel panjang, dipengaruhi juga oleh tipe rel dan jenis bantalan.

tabel celah rel
Untuk sambungan rel panjang pada bantalan kayu,
tabel celah rel
Untuk sambungan rel panjang pada bantalan beton

Kesalahan

Kesalahan dalam pelaksanaan konstruksi jalan rel, khususnya pemasangan rel dan pemberian celah pada sambungan rel kadang sering terjadi. Hal ini diakibatkan oleh pengawasan pekerjaan yang kurang baik dan kurang pahamnya para pekerja.

Pemberian celah sambungan rel saat konstruksi harus menggunakan alat ukur suhu. Jadi ketika akan pemasangan rel, suhu dari rel kereta api harus dilakukan pengukuran terlebih dahulu. Kemudian, hasil dari pengukuran suhu rel kereta api tersebut samakan dengan tabel. Maka pemberian celah harus sesuai dengan tabel.

Kesalahan itu terletak seperti itu, para pekerja tidak membawa dan memperhitungkan suhu rel serta cuaca sekitar. Akibatnya celah sambungan pada jalur rel kereta api akan lebar ketika dingin atau akan sempit bahkan rapat saat suhu mulai panas sekali.

Penutup

Demikian adalah pembahasan mengenai fungsi dan kegunaan dari jarak siar rel atau sambungan rel kereta api. Sambungan rel kereta api berfungsi dan berguna sebagai tempat pemuaian jika terjadi suhu panas yang mengakibatkan rel memuai. Tidak terlalu kecil celahnya, namun perlu dipahami juga ketika suhu sedang dingin, celah sambungan rel harus tetap terjaga sesuai yang telah ditetapkan dalam aturan terkait.

Hal ini tentu ada dasarnya, jika celah terlalu besar ketika suhu dingin atau suhu rel normal. Akan berdampak pada pada ujung rel akan depek karena hentakan beban kereta yang berlebih. Sering kita dengar suara “gujleg” yang besar, salah satunya adalah penyebab dari celah rel yang terlalu besar.. Sekian, semoga bermanfaat bagi kita semua. aamiin.

Comments are closed.