PASIR (SANDBOX) PADA RODA LOKOMOTIF

Dilintas tertentu penggunaan sandbox / pasir pada roda lokomotif umumnya digunakan untuk di daerah yang cukup landai dan kondisi licin yang mengkibatkan kondisi rel dan roda menjadi licin sehingga terjadi roda slip. oleh karena itu, penggunaan pasir pada roda lokomotif sangat diperlukan.

Kenapa pasir yang digunakan? karena hal ini disebabkan oleh gaya tarik adhesi yang rendah antara roda dan rel, maka pasir digunakan untuk meningkatkan gaya adhesi tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan pasir antara roda dan rel.

MEKANISME

Pada waktu lokomotif mulai bergerak untuk menarik rangkaian KA, momen putar pada roda penggerak akan menghasilkan gaya tarik lokomotif yang dibatasi oleh koefisien gesek antara roda dan rel, disebut koefisien adhesi dan gaya tarik yang dihasilkan disebut gaya tarik adhesi.

Baca juga :
1. Cara menghitung kekuatan rel
2. Cara Penomoran Sarana di Indonesia

Penggunaan pasir berfungsi untuk meningkatkan gaya adhesi pada roda dan rel. Penggunaan pasir di roda lokomotif dilakukan secara manual dan masinis harus mampu menentukan kapan harus dilakukan penebaran pasir tersebut.

Cara kerja Sandbox pada lokomotif sebagai berikut :

  • Pasir yang berada di hopper (berada dibawah rangka lomotive). Pasir akan turun karena diberikan udara bertekanan tinggi untuk meniup pasir keluar dari nosel. Nosel pasir mengarahkan ke daerah antara kontak roda dan rel. kemudian pasir akan keluar dan memberikan peningkatan gaya gesek sehingga rangkaian tidak akan mengalami slip kembali.

Walapun teknik penebaran pasir sangat efektif dan mudah digunakan, penebaran pasir berpontensi meningkatkan percepatan keausan pada bahan roda dan rel.

Dari video diatas, Apa sobat keped ada gambaran? atau masih belum paham? Coba sobat keped sebutkan di lintas mana saja yang masih menggunakan pasir sandbox?

Demikian artikel tentang fungsi pasir pada roda lokomotiv ini kami sajikan, semoga bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa share dan komen dibawah. Terima Kasih

Sumber : railsystem.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here