Fungsi dari Clearance Disorder Detection (CDD) pada MRT Jakarta

    0
    85
    fungsi CDD di Jalur MRT Jakarta

    PENGERTIAN

    Sistem persinyalan pada MRT Jakarta menggunakan sistem persinyalan Communication-Based Train Control (CBTC) atau Sistem Kendali Kereta Berbasis Komunikasi. Merupakan sistem persinyalan menggunakan frekuensi radio (RF) sebagai komunikasi data antar kereta ke berbagai subsistem yang terintegrasi termasuk peralatan wayside di stasiun dan sepanjang jalur.

    Sistem pada MRT Jakarta menggunakan sistem moving block dengan aspek sinyal yang berada pada kabin masinis (cabin driver) dan di Operation Control Center (OCC) hanya berbentuk seperti sinyal virtual tidak ada fisik dilapangan, berbeda dengan sistem Fixed Block (konvensional) yang digunakan oleh kereta di Indonesia.

    Baca Juga :
    Fungsi Pasir pada Roda Lokomotif
    Mengenal Balai Pengujian Perkeretaapian

    Dengan menggunakan moving block dimungkinkan blok kereta bergerak sesuai dengan pergerakan kereta dan parameternya sehingga operator dapat mengetahui lokasi kereta dengan lebih akurat dan mengatur jumlah kereta yang beroperasi.

    FUNGSI CLEARANCE DISORDER DETECTOR

    Ada pertanyaan bagaimana sistem pengaman ketika kereta mengalami anjlog atau terguling di lintasan khususnya di jalur layang main line ‘jalur ganda’?

    Pada jalur layang main line. terdapat alat sensor pengaman berbentuk tongkat kuning berdiri tegak di tengah jalur ganda MRT Jakarta.

    Alat pengaman tersebut adalah Clearance Disorder Detector (CDD). yang berfungsi ketika kereta mengalami anjlog atau terguling lalu mengenai CDD maka area section track yang terjadi accident tersebut akan mengalami ‘No Entry Section’ secara otomatis, sehingga tidak akan ada kereta yang masuk dari kedua arah ke area tersebut dan tertahan di area virtual track yang aman.

    Peralatan Clearance Disorder Detector (CDD) ini dipasang pada main line dengan jarak antar CDD sekitar 20 meter.

    Itulah salah satu fungsi alat pengaman clearance disorder detector (CDD) yang terdapat di MRT Jakarta.

    Semoga menambah wawasan kita bersama. aamiin

    Sumber : MRT Jakarta.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here