Mengenal Instalasi Listrik di Kereta Api

0
97
instalasi listrik

A. PENGERTIAN

Instalasi listrik merupakan suatu kesatuan perlengkapan yang digunakan untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber listrik (PLN) ke peralatan yang membutuhkan aliran listrik. Instalasi listrik di kereta api berfungsi untuk menggerakkan kereta api bertenaga listrik, peralatan persinyalan, peralatan telekomunikasi dan fasilitas penunjang lainnya.

Bersumber listrik dari PLN kemudian diterima oleh catu daya. Catu Daya atau Power Supply adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai sumber listrik untuk kompenen lain. Catu Daya bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa Catu Daya yang menghasilkan energi mekanik dan energi yang lain. kemudian dari catu daya listrik disebar untuk menunjang operasional kereta api.

B. INSTALASI LISTRIK DI KERETA API :

1. Catu Daya Listrik Arus Bolak Balik

Berfungsi untuk menyediakan daya listrik arus bolak balik (arus AC) untuk menggerakan kereta bertenaga listrik, persinyalan dan peralatan penunjang lainnya. Catu Daya Listrik Arus Bolak Balik antara lain terdiri :
a. Power Receiving Equipment.
b. Transformer Equipment.
c. Feeding System.
d. Prinsipal Equipment

2. Catu Daya Listrik Arus Searah

Berfungsi untuk menyediakan daya listrik arus searah (arus DC). untuk menggerakan kereta bertenaga listrik, persinyalan dan peralatan penunjang lainnya. Catu Daya Listrik Arus Searah antara lain :
a. Receiving (penerima)
b. Converter (konfersi)
c. Out Going (penyulang)
d. Low Voltage (tegangan rendah)

3. Catu Daya Listrik Magnet

Berfungsi untuk menyediakan magnet yang digunakan untuk mengangkat dan mendorong kereta maglev para rel guidennya. Catu Daya Magnet antara lain terdiri dari :
a. Catu Daya
b. Pembangkit magnet
c. Penghantar

Instalasi transmisi Listrik aliran atas
Contoh dari Instalasi Listrik Catu Daya Arus Searah dan Transmisi Listrik Aliran Atas

C. JENIS-JENIS TRANSMISI DI KERETA API

1. Transmisi Tenaga Listrik Aliran Atas

Posisinya berada di jaringan atas, berfungsi untuk menyalurkan daya listrik dari catu daya arus bolak balik atau arus searah dan dialirkan ke kereta api bertenaga listrik. Seperti KRL, MRT, dan HST.

Transmisi Tenaga Listrik Aliran Atas antara lain terdiri dari :
a. Feeding System
b. Over Head Contact Wire
c. Supporting Facility
d. Protection Facility

2. Transmisi Tenaga Listrik Aliran Bawah

Posisi transmisi berada di bawah (rail ketiga) yang berfungsi menyalurkan daya listrik arus searah bertegangan kurang dari 1200 V DC. Contoh seperti kereta LRT.

Transmisi Tenaga Listrik Aliran Bawah terdiri dari :
a. Catu Daya
b. Feeding System

Demikian adalah penjelasan singkat untuk kita mengenal instalasi listrik yang berada di kereta api. semoga artikel ini dapat membantu sobat keped mengenal lebih dalam lagi.

Jika sobat keped ada yang ingin ditanyakan atau masukan, silangkan dapat komen dibawah ini. Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here