Mengenal Sistem Suspensi Kereta Api

0
18

PENGERTIAN

Sistem Suspensi terletak antara frame dengan bogie sarana kereta api. Sistem Suspensi dipasang akibat munculnya gaya dari Ketidakrataan di jalur serta adanya interaksi dengan roda menghasilkan getaran dan kejutan yang terjadi.

Sistem suspensi pada sarana kereta api dipasang untuk menyerap getaran dan kejutan dari pemukaan jalan yang tidak rata sehingga getaran tersebut tidak akan disalurkan ke bodi kendaraan yang akan membuat kondisi tidak nyaman saat berkendara.

Baca Juga :
Definisi Kereta Berkecepatan Tinggi / High Speed Rail (HSR)
Sistem Penomoran Sarana Kereta Api di Indonesia

SISTEM SUSPENSI SARANA KERETA API

Cara Kerja Sistem suspensi pada sarana kereta api, getaran akan diserap oleh Suspensi Primer dan Suspensi Sekunder.

sistem suspensi sarana kereta api
Sistem suspendi pada Sarana Kereta Api | railsystem.net

SUSPENSI PRIMER (PRIMARY SUSPENSION)

Kita lihat pada gambar diatas, posisi suspensi primer (primary suspension) terletak diantara set roda dan frame bogie. suspensi primer terdiri dari pegas dan komponen peredam yang bertujuan untuk menjaga perilaku jalannya sarana baik pada lintasan terendah, meminimalisir keausan dan menjaga saat di jalur lengkung.

Pada umumnya masing-masing bogie terdapat empat axlebox peredam. Dengan adanya suspensi primer, kestabilan lateral sarana kereta api dan kualitas berkendara dapat meningkat secara signifikan.

komponen sistem suspensi di sarana kereta api
Sistem suspensi Steel, rubber dan air spring | railsystem.net

SUSPENSI SEKUNDER (SECONDARY SUSPENSION)

Melihat gambar diatas, suspensi sekunder yang menghubungkan antara frame bodi dengan bogie sarana kereta api, dengan tujuan agar dapat menjaga bodi kereta dan meredam gaya getar dan gaya kejut yang diterima dari suspemsi utama.

Salah satu contoh pegas sekunder adalah Pegas udara (air spring) yang paling sering digunakan pada sarana kereta api saat ini.

Pegas udara yang terletak diantara frame bodi kereta dengan bogie, memiliki peran utama untuk mengurangi akselerasi gaya getar dan kejut di bodi kereta ke frekuensi yang lebih rendah.

mekanisme sistem suspensi kereta api
mekanisme sespensi pegas udara | railsystem.net

Gambar diatas mengilustrasikan sistem pegas udara dengan komponen yang berbeda. Jumlah udara dalam kantung udara (no.3) menentukan kekakuan pegas udara. Melalui kontrol level (no.8), volume udara di kantong udara dapat diatur dan kekakuan dapat disesuaikan dengan preload (jumlah penumpang). Udara disediakan dari wadah udara (no.9), yang diatur oleh kompresor (no.10).

Manfaat utama dengan sistem pegas udara (air spring) dibandingkan dengan pegas koil konvensional adalah :

  • Meningkatknya kekakuan untuk peningkatan preload;
  • Tinggi independen preload;
  • Kekakuan horisontal yang signifikan,
  • Tinggi rendah,
  • Meredam suara dan getaran yang baik.

VIDEO SISTEM SUSPENSI

Video sistem suspensi pada kereta api | youtube.com
Sumber :
1. Methods for Reducing Vertical Carbody Vibrations of a Rail Vehicle –Anneli Orvnas; The Railway Track and Its Long Term Behaviour; skf.com
2. Railsystem.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here