Mengenal Balai Yasa Kereta Api di Indonesia (Part 1)

1
27

PENGERTIAN

Balai yasa kereta api adalah sebuat tempat untuk melakukan perbaikan atau perawatan besar sarana kereta api antara lain  seperti Lokomotif, kereta penumpang, gerbong, bogie dan untuk melakukan modivikasi / midlive overhaul kereta dan lokomotif yang dilakukan oleh pihak Operator.

Berdasarkan peraturan yang tercantum dalam pasal 114 ayat (5) Undang-undang No.23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian yang menerangkan bahwa perawatan dapat dilakukan di depot lokomotif ataupun balai yasa.

Namun dalam perawatannya, Depot dan Balai yasa memiliki peran tersendiri. Jika balai yasa merupakan tempat untuk melakukan semi perawatan akhir (SPA) berjangka dua tahunan, pemeliharaan akhir (PA) berjangka empat tahunan, serta perbaikan dan modifikasi sarana perkeretaapian. Berbeda dengan depot, perwatan harian, enam bulanan, ataupun satu tahunan.

Baca Juga :
1. Cara penentuan Lokasi Stasiun Kereta Api
2. Fungsi Pasir pada Roda Lokomotif.
3. Mengenal Catu daya pada Kereta api listrik.

BALAI YASA KERETA API

Balai yasa merupakan sebuah UPT yang berdiri langsung dibawah operator PT.Kereta Api Indonesia (Persero), Balai yasa kereta api tidak berada dibawah kendali dari Daerah Operasi ataupun Divisi Regional. yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera, berikut ini lokasi yang berada di pulau jawa yaitu :

Balai Yasa Manggarai

Balai Yasa Manggarai (kode : MRI) merupakan balai yasa kereta api yang berada di wilayah Daop 1 Jakarta. Balai Yasa Manggarai merupakan balai yasa yang khusus diperuntukkan bagi perawatan kereta api eksekutif (K1), bisnis (K2), ekonomi (K3), kereta pembangkit (P), kereta makan/makan pembangkit (KM/M/MP/KMP), kereta bagasi (B) dan Gerbong Datar, Gerbong terbuka (GD/GK), KRD, dan KA Commuter Jabodetabek.

Sejarah mulai dibangun oleh Staatsspoorwegen tahun 1920 dengan nama Hoofd-Werkplatsen te Manggarai. Di sini semua kereta eksekutif dan KRL yang dirawat mengalami pemeliharaan akhir (PA), semiperawatan akhir (SPA), PA bogie, perbaikan akhir lengkap (PAL), dan perbaikan (PB).

Alamat :
Jalan Bukit Duri / Menara air RT.1/RW.11, RT.1/RW.11, Manggarai, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12850.

Balai Yasa Manggarai tidak hanya melayani kereta penumpang ataupun kereta komuter diwilayah Jakarta atau Jawa Barat saja, namun juga melakukan perawatan dengan wilayahnya sebagai berikut :

  • Daop I : Kereta penumpang Eksekutif, Bisnis, Ekonomi, dan KRL.
  • Daop II : Kereta penumpang Eksekutif, Bisnis, Ekonomi
  • Daop III : Kereta penumpang Eksekutif, Bisnis, Ekonomi
  • Daop IV : Kereta penumpang Eksekutif
  • Daop V : Kereta penumpang Eksekutif
  • Daop VI : Kereta penumpang Eksekutif
  • Retrofit Kereta Penumpang, dan Bagasi serta Gerbong Datar

Balai Yasa Kiaracondong

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) tidak hanya khusus untuk melakukan perawatan sarana KA saja, namun juga memiliki balai yasa yang khusus melakukan perawatan jembatan yang terletak di Kiaracondong, Bandung – Jawa Barat.

Alamat :
Jalan Jembatan Opat No. 3, Kebon Gedang, Kiaracondong, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40274

Balai Yasa Jembatan Kiaracondong (kode : KAC) adalah khusus digunakan untuk melakukan perbaikan pada jembatan-jembatan kereta, meliputi pengadaan suku cadang untuk jembatan-jembatan kereta api yang masih aktif, perbaikan rangka jembatan, pembuatan jembatan baru, dan pemeliharaan rutin.

Balai Yasa Tegal

Alamat :
Jl. Semeru No.5, Slerok, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52125

Balai yasa kereta api yang terletak di Kota Tegal ini melayani kereta penumpang dari wilayah Daop IV Semarang, Daop V Purwokerto dan Daop VI Yogyakarta. serta kadang melayani juga kereta dari Daop III Cirebon. Tempat ini juga melayani perawatan dan perbaikan untuk kereta kelas eksekutif (K1), bisnis (K2) dan ekonomi (K3), termasuk kereta makan (M), kereta pembangkit (P), dan kereta makan pembangkit (KMP/MP) dan kereta bagasi (B).

Balai Yasa Pengok / Yogyakarta.

Balai Yasa kereta api di Yogyakarta atau biasa disebut pengok (nama kampung tempat lokasi berada). Berdiri mulai tahun 1914 dibangun oleh Nederlands-indische spoorweg maatschappji (NIS) dengan nama Centraal Werkplaats.

Alamat :
Jalan Kusbini, Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55221

Balai yasa pengok ini menjadi yang terbesar di Indonesia. Balai yasa ini khusus digunakan untuk perbaikan dan perawatan lokomotif diesel elektrik berupa semi perawatan akhir (SPA) untuk lokomotif yang telah berdinas selama 2 tahun atau sudah menempuh jarak 325.000 km. Sementara itu, kegiatan pemeliharaan akhir (PA) apabila telah berdinas selama 4 tahun atau sudah menempuh jarak 650.000 km

Untuk Lokomotif diesel hidraulik pelaksanaan semi perawatan akhir (SPA) apabila sudah berdinas selama 12.000 jam dinas (sekitar 500 hari), sedangkan PA dilakukan apabila sudah berdinas selama 24.000 jam dinas (sekitar 1.000 hari).

Balai Yasa Surabaya Gubeng

Terletak di wilayah Daop 8 Surabaya ini khusus diperuntukkan perawatan kereta bagi kereta api eksekutif (K1), bisnis (K2), ekonomi (K3), kereta pembangkit (P), kereta makan/makan pembangkit (KM/M/MP/KMP) dan kereta bagasi (B).

Alamat :
Jalan Tapak Siring No.5, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur 60131

Balai Yasa Surabaya Gubeng melayani perawatan kereta api yang dialokasikan dari dipo seluruh Jawa Timur (Daop VII Madiun, Daop VIII Surabaya, dan Daop IX Jember).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here