Sinyal Mekanik pada Kereta Api Indonesia

0
48

Keretapedia – Sistem Persinyalan di Indonesia saat ini masih terdapat dua jenis yaitu sistem persinyalan mekanik dan sistem persinyalan elektrik. Pada kesempatan saat ini mari kita akan membahas mengenal macam-macam jenis-jenis dari sinyal mekanik pada kereta api di Indonesia.

PENGERTIAN SINYAL

Sinyal dalam hal ini adalah suatu alat atau rangkaian peralatan yang dapat memberikan isyarat berupa bentuk, warna dan cahaya dan memberikan isyarat berupa “semboyan tetap”. Semboyan ini memberi petunjuk kepada masinis tentang keamanan jalan yang akan dilalui, apakah kereta api harus berhenti, berjalan terus, atau berjalan dengan hati-hati.

BACA JUGA : Mengenal Balai Yasa Kereta Api di Indonesia

Rangkaian peralatan sinyal dipasang di stasiun agar Pemimpin Perjalanan Kereta api (PPKA) dapat mengambil tindakan untuk amannya perjalanan kereta api yang menjadi tanggung jawabnya. Peralatan sinyal ini dapat dilayani untuk mengatur kedudukan wesel-wesel dan pemberian ijin masuk stasiun ke jalur yang akan dilalui kereta api atau ijin keluar kereta api menuju stasiun stasiun sebelahnya.

PERLENGKAPAN PERALATAN

1. TIANG SINYAL

Sinyal mekanik berupa tiang dan perlengkapannya. Berikut adalah jenis-jenis Sinyal mekanik yaitu :

  • Sinyal berlengan satu.
  • Sinyal berlengan dua.
  • Sinyal langsir.
  • Sinyal jembatan.
  • Sinyal panggung.
Sinyal Muka Mekanik
Sinyal Masuk Mekanik
Sinyal Langsir
Jenis Sinyal mekanik jembatan
Jenis sinyal panggung

2. PERKAKAS HENDEL

Perkakas hendel sinyal mekanik yang dipakai saat ini ada 4 (empat) jenis hendel yaitu :

  • Krian.
  • Alkmaar.
  • H.S.M.
  • Siemens & Halske (S & H).

Dari 4 jenis tersebut perkakas hendel yang masih banyak dipergunakan adalah jenis Siemens & Halskey. Tiap perkakas hendel terdiri dari atas Rangka dan Hendel-hendel yang dipasang pada rangka.

Perangkat untuk menambat wesel dalam kedudukan tertentu, berupa pengait (clauw), stang wesel, roda penggerak (roda steller), roda dan rantai penghantar.

Perkakas hendel, yang terhubung dengan rangkaian pengunci (interlocking) disebut lemari mistar dan lemari blok untuk hubungan dengan stasiun sebelah melalui sistem elektro mekanik.

PENGGUNAAN SINYAL

Melihat dari grafik perjalanan kereta api saat ini dengan headway-nya sangat cukup rapat sebaiknya sinyal yang digunakan adalah sinyal listrik, tetapi jika anggaran masih terbatas digunakan pendekatan sebagai berikut dalam penentuan pemakaian jenis sinyal :

  1. Jenis sinyal mekanik untuk frekuensi lalu-lintas rendah;
  2. Sinyal mekanik dengan blok elektro mekanik untuk frekuensi lalu-lintas sedang;
  3. Sinyal listrik untuk frekuensi lalu-lintas tinggi.

PENUTUP

Demikian artikel tentang mengenalkan sedikit pemahaman tentang fungsi jenis-jenis dan macam-macam sinyal mekanik kereta api yang berada di Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. aamiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here