Stasiun Pangkalan Brandan Lama dan Baru

0
58
Stasiun Pangkalan Brandan Lama.

Jalur Kereta Api Binjai – Besitang

Keretapedia – Stasiun Pangkalan Brandan berada di lintas Binjai – Besitang yang berada di Divisi Regional 1 Sumatera Utara PT.Kereta Api Indonesia (Persero) sudah lama tidak beroperasi, dikutip dari Wikipedia, Jalur antara Binjai – Besitang sudah tidak beroperasi sejak tahun 2008 karena konstruksi prasarana di jalur ini sudah tua. Rel masing menggunakan rel R25 dan beralaskan bantalan kayu peninggalan jaman Belanda dahulu kala dan konstruksi jembatan, stasiun dan peralatan fasilitas operasinya sudah tidak layak.

Reaktivasi jalur kereta api lintas Binjai – Besitang saat ini sudah dilakukan pembangunan jalur rel sepanjang 80 Km, Pembangunan 7 (tujuh) stasiun baru diantaranya Kuala Bingei, Stabat, Tanjung Selamat, Tanjung Pura, Gebang, Pk.Brandan dan Besitang serta pembaruan teknologi pada sisi fasilitas operasi menjadi sinyal elektrik, semua itu rencana akan dioperasikan tahun 2020.

Stasiun Pangkalan Brandan

Singkatan PDB terletak Babalan, Langkat, Sumatera Utara atau di patok kilometer 69+915 lintas Binjai – Besitang. Dikutip dari Wikipedia, stasiun ini mulai beroperasi pada tanggal 15 Desember 1904. Pada saat itu, Pembangunan jalur kereta api antara Binjai – Pangkalan Brandan dimulai pada tahun 1900 dan selesai pembangunan jalur kereta api pada tanggal 15 Desember 1904 yang dibangun oleh perusahaan Deli Spoorweg Maatschappij (DSM).

Deli Spoorweg Maatschappij (DSM) merupakan sebuah perusahaan kereta api swasta di Pantai Timur Sumatera, Deli, dan berkantor di Deli Serdang dan kemudian pindah ke Deli (sekarang Medan). DSM berdiri pada Tahun 1883 yang terdaftar di Amsterdam dengan nama lengkap Naamlooze Venootschap Deli Spoorweg Maatschappij (DSM, N.V.).

Berikut adalah beberapa foto kondisi stasiun lama saat ini :

Stasiun Baru

Untuk Stasiun yang baru terletak percis di sebelah dari stasiun lama. terdiri dari 3 (tiga) jalur yang siap digunakan, jalur 1 dan jalur 2 merupakan jalur utama sedangkan untuk jalur 3 diperuntukan spur badug. Stasiun Brandan baru memiliki peron sepanjang 150 meter dan merupakan peron tinggi yang memudahkan naik turun penumpang.

Berikut adalah foto-foto Stasiun yang baru :

Demikian adalah gambaran kecil mengenai Stasiun Pangkalan Brandan yang lama dengan yang baru, semoga operasi kereta api di lintas Binjai – Besitang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang kereta api, semoga dapat bermanfaat bagi semua. aamiin

Baca Juga : Tata Cara Pemilihan Lokasi Stasiun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here