Catat! informasi ketentuan Barang Bawaan Bagasi Kereta Api

0
10
Batasan bagasi kereta

Keretapedia – Penumpang yang membawa barang bawaan yang besar selalu khawatir dan bingung soal batasan bagasi naik kereta api, PT.KAI (Persero) selaku operator jasa angkutan kereta api telah menerapkan batasan tentang barang bawaan yang bisa masuk kedalam bagasi kereta. mari catat informasi mengenai ketentuan bagasi kereta api.

Ada beberapa pertanyaan yang selalu kita dengar, seperti “apa bisa hewan perliharaan seperti kucing atau burung masuk ke dalam kereta?” atau ada pertanyaan “batasan barang bawaan besar masuk ke kereta?”, seperti itulah beberapa pertanyaan yang sering kita dengar ketika kita akan naik kereta api namun membawa barang bawaan yang besar atau lebih berat.

KETENTUAN BAGASI KERETA

Setiap moda transportasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda, batasan bagasi pesawat tentunya berbeda dengan batasan bagasi di kereta begitu juga batasan bagasi di angkutan bus. Berikut adalah batasan barang bawaan penumpang untuk bisa naik keatas bagasi kereta. Seperti yang dilansir oleh PT.KAI (Persero) pada website resminya kai.id mengenai ketentuan batasan barang bawaan pada bagasi kereta api, sebagai berikut :

RILIS RESMI KAI.ID

NoKetentuan Bagasi
1Setiap penumpang diperbolehkan membawa agasi ke dalam Kereta Api dengan berat maksimum untuk tiap penumpang 20 kg dan dengan volume maksimum 100 dm3 (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm), serta sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 koli (item bagasi) tanpa dikenakan bea tambahan.
2Bagasi yang melebihi berat dan/atau ukuran sebagaimana dimaksud di atas sampai dengan setinggi-tingginya 40 kg atau dengan volume 200 dm3 (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 60 cm), diperbolehkan dibawa kedalam kereta penumpang dengan dikenakan bea kelebihan bagasi atau membeli tempat duduk ekstra.
3Tarif atas kelebihan berat bagasi sebagai berikut :
a. Kereta Api kelas Eksekutif Rp 10.000,-/kg;
b. Kereta Api kelas Bisnis Rp 6.000,-/kg;
c. Kereta Api kelas Ekonomi Rp 2.000,-/kg.
4Pembayaran bagasi dilakukan di stasiun.
5Bagasi yang melebihi berat dan/atau ukuran sebagaimana dimaksud angka 2 tidak diperbolehkan dibawa ke dalam kabin Kereta kecuali :
a. Sepeda lipat atau sepeda biasa yang dikemas sedemikian rupa dalam keadaan komponen-komponennya tidak dirakit menjadi sepeda utuh;
b. Kursi roda manual, kereta bayi, tongkat alat bantu jalan.
6Khusus peralatan olahraga, peralatan musik dan peralatan elektronik tertentu yang dianggap pantas dibawa ke dalam kereta dengan ukuran melebihi ketentuan sebagaimana angka 2, dapat dibawa ke dalam kereta dengan membeli tempat duduk tambahan untuk menyimpan barang dimaksud dengan jumlah tempat duduk disesuaikan.
Dalam hal tidak tersedia tempat duduk tambahan, maka barang tidak diperbolehkan dibawa ke dalam kabin Kereta. Pada saat reservasi tiket tambahan untuk bagasi, kolom nama diisi nama penumpang dan pada kolom identitas ditulis bagasi1 untuk kursi pertama, bagasi2 untuk kursi kedua dan seterusnya.
7Bagasi ditempatkan pada rak bagasi di atas tempat duduk penumpang atau ditempatkan di tempat lain sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu atau membahayakan penumpang lain dan tidak akan menimbulkan kerusakan pada Kereta.
8Perusahaan tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan dan/atau kehilangan bagasi penumpang, Setiap penumpang wajib menjaga bagasi yang dibawanya.
9Kerusakan pada kereta yang diakibatkan oleh bagasi penumpang menjadi tanggung jawab penumpang dan diwajibkan membayar ganti rugi sebesar kerugian nyata atas kerusakan dimaksud.
10Barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa sebagai bagasi, meliputi :
1. Binatang;
2. Narkotika Psikotropika dan zat adiktif lainnya;
3. Senjata api dan senjata tajam;
4. Papan selancar;
5. Semua barang – barang yang mudah terbakar/meledak;
6. Semua barang – barang yang berbau busuk, amis atau karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya;
7. Barang – barang yang menurut pertimbangan petugas keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi;
8. Barang yang dilarang oleh peraturan perundang – undangan.
11Kedapatan di atas kereta, bagasi penumpang yang berat atau ukurannya melebihi ketentuan dan belum memiliki surat bagasi. Maka dikenakan suplisi sebesar :
1. Kereta Api kelas Eksekutif sebesar Rp 50.000,- / 5kg;
2. Kereta Api kelas Bisnis/Ekonomi Komersial sebesar Rp 30.000,- / 5kg;
3. Kereta Api kelas Ekonomi non Komersial sebesar Rp 15.000,- / 5kg;
4. Perhitungan berat bagasi dibulatkan ke atas pada kelipatan 5 kg

KESIMPULAN

Barang bawaan yang beratnya paling tinggi sampai 40kg atau 200 dm3 boleh dibawa ke atas kereta dengan dikenakan bea tambahan. Begitupula dengan barang bawaan hewan peliharaan seperti kucing, anjing atau burung dan lain sebagainya, dilarang untuk dibawa ke atas kereta karena tentunya dapat mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

Bagi Anda yang masih bingung mengenai ketentuan barang bawaan naik ke atas bagasi kereta, anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dilayanan call center PT.KAI (Persero) di telp.121 atau anda dapat langsung bertemu di layanan customer service di stasiun keberangkatan.

Baca Juga : Cara baca plat nomor pada kereta api.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here