Cara pakai alat ukur lebar jalur rel kereta (Track Gauge Meter).

0
27
alat ukur lebar rel 1067mm

Keretapedia – Teman-teman pernah liat jalur kereta api? pastinya pernah liat ya. Jalur rel kereta api terdiri dari 2 batang rel sejajar yang disusun secara tertata dan teratur dengan memiliki ukuran lebar jalur rel yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri saat ini memiliki 2 janis lebar jalur / track kereta yang digunakan yaitu lebar rel 1067mm dan 1435mm.

Untuk lebar rel 1067 mm digunakan pada kereta konvensional yang dimiliki PT.Kereta Api Indonesia baik di Sumatera dan Jawa, Namun ada beberapa jalur kereta api di Aceh dan Sulawesi Selatan (masih pembangunan) yang menggunakan lebar rel 1435mm.

Baca Juga : Menilisik kecanggihan kereta ukur jalan rel Galunggung

Sedangkan Untuk jenis kereta api dengan teknologi modern saat ini terdapat MRT yang menggunakan lebar rel 1067mm, LRT Palembang menggunakan 1067mm, LRT Jabodebek menggunakan lebar rel 1435mm dan LRT Jakarta menggunakan lebar rel 1435mm serta kereta cepat Jakarta – Bandung (KCIC) menggunakan lebar rel 1435 mm.

Kesempatan ini kita akan membahas cara pakai alat ukur lebar jalur rel kereta dengan menggunakan sebuah alat ukur lebar rel kereta yaitu alat track gauge meter atau biasa kami sebut bak ukur atau matisa (matisa sebetulnya nama merk, namun sudah terbiasa kami sebut itu). Kebetulan alat yang kami gunakan adalah track gauge meter ukuran lebar rel 1067mm.

Tentunya terdapat perbedaan antara lebar rel 1067 mm dengan 1435mm yaitu dari segi beban gandar, untuk beban gandar lebar jalan rel 1067 mm pada semua kelas jalur maksimum sebesar 18 ton dan beban gandar untuk lebar jalan rel 1435 mm pada semua kelas jalur maksimum sebesar 22,5 ton.

Pengenalan Alat Ukur Lebar Rel

Dalam peragaan kali ini, Alat ukur lebar rel atau track gauge meter yang digunakan adalah untuk lebar rel 1067 mm, Informasi yang didapat, saat ini pabrikan lokal belum ada yang produksi, Namun banyak pabrikan alat ukur lebar rel yang ada diluar negeri, bisa kita sebut seperti Bance, Matisa, Robel, steinmeyer (produk eropa) dan adapula dari China dan Jepang. Jika instansi/perusahaan kalian sedang butuh atau ingin beli alat ukur lebar rel 1067 mm atau 1435 mm, dapat menghubungi kami / koment dibawah. Kami siap membantu anda.

“Bagi anda yang ingin membeli alat ukur lebar rel (track gauge meter) bisa menghubungi kami”

Parameter Pengukuran

Dalam penggunaan alat ukur lebar rel ini, terdapat 2 (dua) parameter pengukuran, diantaranya :

  1. Pengukuran Lebar rel; dan,
  2. Beda tinggi (rel kiri dan kanan).

Pengukuran lebar rel.

pengertian dari pengukuran lebar rel itu adalah pengukuran jarak antara kedua batang rel yang diukur 14 mm kebawah dari atas kepala rel secara vertikal. Lebar jalur dalam waktu tertentu dapat menjadi melebar atau menyempit. Lebar antar kedua rel ini sangat penting untuk diukur karena dapat mempengaruhi kestabilan, daya angkut dan kecepatan kereta tersebut.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No.60 tahun 2012 tentang Persyaratan teknis jalur kereta api. untuk standar pengukuran lebar rel adalah penyimpangan hasil ukur minimal 0 mm atau +2 mm untuk jalur baru, sedangkan penyimpangan untuk jalur lama adalah maksimum +4 mm dan minimum -2 mm.

Beda Tinggi (rel kiri dan kanan)

Pengukuran beda tinggi terjadi karena terdapat dua perbedaan antara batang rel kiri dan kanan, perbedaan tinggi disini adalah beda tinggi secara vertikal.

Cara Penggunaan track gauge meter

  • Posisikan alat secara simetris / siku diatas rel dengan cara kaki alat disalah satu sisi memiliki 3 mata sudut, diantara dua sudut harus menempel dikepala rel, hal ini menandakan alat sudah simetris / siku.
alat ukur lebar rel 1067mm
alat ukur lebar rel 1067mm
  • Putar tombol waterpass yang terletak di tengan batang ukur. Putar tombol tersebut hingga angka 0 pada waterpass, dan baca beda ketinggian pada angka analog.
  • Putar Tombol untuk mencari lebar rel yang sesungguhnya. Hasilnya akan langsung terlihat.
alat ukur lebar rel 1067mm
  • Catat dan lakukan pengukuran kembali.
    Setelah pengukuran selesai, maka dilakukan pencatatan pada formulir pemeriksaan atau perawatan anda.

Penutup

Sudah paham belum teman-teman? semoga teman-teman memahami, lebih asik lagi jika praktek langsung dilapangan. Jadi kesimpulannya adalah dalam penggunaan alat ukur ini adalah untuk mengetahui lebar rel sesunggunya dan beda tinggi rel. kemudian hasil pengukuran dilakukan perbandingan terhadap minimal dan maksimal standar yang telah ditetapkan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. jika teman-teman bingung mau beli alat ukur lebar rel dengan ukuran 1067 mm atau ukuran 1435 mm, dapat menghubungi kami melalui koment dibawah atau email ke cs@keretapedia.com. Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here