Mengenal jenis-jenis kereta ukur jalan rel di Indonesia

0
76
Jenis-jenis kereta ukur jalan rel

Keretapedia – Kereta ukur jalan rel atau dengan singkatan KUJR adalah sebuah jenis sarana kereta khusus untuk melakukan inspeksi atau pengukuran kondisi jalan rel, dengan hasil pengukuran tersebut dapat digunakan untuk identifikasi dan inventarisasi terhadap kondisi terkini dan dilakukan perawatan dan perbaikan jalan rel. Ada beberapa jenis kereta ukur jalan rel (KUJR) yang ada di Indonesia diantaranya :

Jenis-Jenis Kereta Ukur Jalan Rel di Indonesia

Terdapat beberapa kereta ukur yang berada di Indonesia, Seperti yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian yaitu KA ukur Ciremai, Galunggung, Sumatera dan Sulawesi. Selain itu, kereta ukur yang dimiliki oleh operator PT.Kereta Api Indonesia (Persero) adalah KUJR EM-120.

Kereta Ukur Jalan Rel Ciremai

kereta ukur jalan rel ciremai
Kereta Ukur Jalan Rel Ciremai | Yayang Ari Nugraha

Kereta ukur jalan rel buatan tahun 2014 ini memiliki bernomor identitas unit No.SU 3 14 01, kereta ukur ciremai milik dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan dengan buatan PT.INKA (Persero) yang dilengkapi teknologi alat ukur geometri atau Track Geometry Measurement System (TGMS old) dari pabrikan ENSCO dan alat ukut ketinggian kawat LAA atau Overhead Wire Measurement System (OWMS) dari pabrikan Dr.Wehrhahn, namun kedua alat ini tidak terintegrasi (Balai Perawatan Perkeretaapian).

Kereta Ukur Jalan Rel Galunggung

kereta ukur jalan rel galunggung
Kereta Ukur Galunggung

Selain KA Ukur Ciremai yang dimiliki Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan yaitu kereta ukur Galunggung buatan tahun 2016 dengan nomor identitas No.SU 3 16 01. Dari penampilan Fisik dan dimensi, Kereta ukur Galunggung sama seperti kereta ukur ciremai dan sama-sama dibekali dengan teknologi alat ukur.

Baca Juga : Parameter Pengukuran Kereta Ukur Galunggung

Alat ukur geometri jalan rel (Track Geometry Measurement System) versi terbaru dari Ensco dan yang membedakan adalah alat kereta ukur ini dilengkapi dengan alat ukur ketinggian dan devisiasi kawat LAA (Overhead Wire Measurement System) dari Db, sedangkan kereta ukur ciremai menggunakan teknologi dari Dr.Wehrhahn. Namun kereta ukur galunggung pada kedua alat ini sudah terintegrasi dalam satu sistem.

Kereta Ukur Jalan Rel Sulawesi

kereta ukur di makassar
Kereta Ukur di Sulawesi Selatan (1435mm)

Pada tahun 2017, Direktorat Jenderal Perkeretaapian telah memesan 2 unit kereta ukur untuk ditempatkan di Makassar, Sulawesi Selatan dengan nomor identitas No.KA SU 3 17 01 dan Kereta ukur Sumatera ditempatkan di Palembang, Sumatera Selatan dengan nomor identitas No.KA SU 3 17 02.

Teknologi pada kereta ukur ini tidak berbeda jauh dengan teknologi yang terpasang pada Kereta ukur galunggung. Hanya saja, kereta ukur di Sulawesi Selatan menggunakan bogie dengan lebar track 1435 mm. Untuk penamaan kereta ukurnya masih menggunakan kereta ukur Sulawesi.

Kereta Ukur Jalan Rel Sumatera

kereta ukur di sumatera
Channel YT : Yayang Ari Nugraha

Kereta buatan tahun 2017 pabrikan PT.INKA (Persero) dengan nomor identitas No.KA SU 3 17 02. Teknologi sama seperti kereta ukur sulawesi dan galunggung. Untuk saat ini penamaan kereta ukur untuk sumatera ini masih belum memiliki nama khusus seperti Galunggung dan Ciremai. Penggunaan kereta ukur di Sumatera digunakan untuk kereta di Wilayah Sumatera.

Kereta Ukur Jalan Rel EM-120

kereta ukur jalan rel pt.kai
Channel YT : Yayang Ari Nugraha

Kereta ukur jalan rel EM-120 milik dari PT.Kereta Api Indonesia (Persero) ini adalah pabrikan dari Plasser and Theurer, Linz, Austria tahun 1995. KUJR milik dari PT KAI ini bernomor KA No.SU 3 95 01 (wikipedia).

Penutup :

Demikian adalah beberapa kereta ukur jalan rel yang dimiliki Indonesia saat ini. Milik dari Kementerian Perhubungan identik dengan berwarna kuning biru, dan PT.KAI dengan dominan biru. Kereta Ukur Ciremai, Kereta Ukur Galunggung, Kereta Ukur di Sulawesi Selatan dan Kereta Ukur di Sumatera adalah milik dari Kementerian Perhubungan. Sedangkan, Kereta Ukur Jalan Rel EM-120 milik dari Operator PT.Kereta Api Indonesia (Persero).

Sumber : wikipedia, Balai Perawatan Perkeretaapian, Google.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here