Mengenal alat pemutar Lokomotif

0
43

Pengertian Pemutar Lokomotif

Keretapedia – Sarana kereta yang sering mutar kepala atau kabin adalah Lokomotif. bukan berarti sarana kereta yang lain tidak boleh diputar. Ada beberapa tempat dan alat memutar kepala lokomotif. Kepala lokomotif dapat diputar dengan cara menggunakan turn table atau pemutar, jalur rel segitiga pembalik dan balloon loop.

Sebelumnya pasti teman-teman bertanya. Kenapa sih lokomotif harus diputar kepalanya? padahal kan bisa jalan maju dan mundur. Begini ya sobat keped yang berbudiman. Perjalanan pulang tidak diatur untuk jalan mundur dalam kereta jarak jauh, dan di beberapa lokomotif kecepatan tertingginya lebih rendah dibandingkan kecepatan mundur. Selain itu, saat operasi baiknya memakai hidung pendek agar jarak pandang dapat dilihat jelas oleh masinis dan asisten masinis.

Alat atau Tempat Pemutar Lokomotif :

ada beberapa cara di tempat yang digunakan untuk melakukan pemutar lokomotif diantaranya :

Turn Table

Tempat Lokomotif berputar

Turn Table adalah sebuah alat pemutar lokomotif, gerbong dan sarana lainnya. Bentuk dari turn table adalah bentuk lingkaran seperti roda besar yang ditengahnya ada jalur untuk diputar. Sistem kerja dari turn table yaitu : dengan cara tempatkan lokomotif di jalur tengah, kemudian diputar 180 derajat hingga lokomotif berbalik arah.

Turn Table ada yang dioperasikan secara manual dengan menggunakan tenaga manusia. atau menggunakan mesin secara otomatis pemutarannya. kelebihan dari Turn Table adalah tidak membutuhkan lahan yang cukup banyak. Namun terdapat kekurangnanya yaitu hanya dapat digunakan untuk 1 unit.

Jalur Rel Segitiga Pembalik

Jalur segitiga alat pemutar lokomotif
segitiga pemutar kereta | channel YT : Sendy Prasetya

Alat pemutar lokomotif kedua adalah dengan menggunakan jalur rel segitiga pembalik. Rel segitiga pembalik yang berbentuk segitiga dan cukup membutuhkan lahan yang cukup besar. dengan cara kerja lokomotif berjalan maju. Kemudian disimpang pertama lokomotif mundur. Hingga di simpang kedua kemudian kepala lokomotif sudah didepan. lihat gambar dibawah.

Jalur kereta segitiga pembalik
Jalur kereta segitiga pembalik | wikipedia.com

Kelebihan dari jalur rel segitiga pembalik dapat memutar beberapa unit kereta api sekaligus. Kelemahannya yaitu : waktu memutar lebih lama dan ketika setelah kereta api melalui salah satu ujung segitiga pembalik. Kereta api harus berjalan mundur menuju jalur berikutnya untuk memutar. Hal ini membuat penggunaan segitiga pembalik merepotkan dan membutuhkan koordinasi yang baik dengan juru langsir.

Balloon Loop

alat pemutar kereta Jalur balloon loop
Illustrasi jalur kereta balloon loop | wikidot.com

Pemutar lokomotif selanjutnya adalah Balloon Loop atau Lingkaran balon, putaran putar, atau putaran balik. Dengan menggunakan balloon loop memungkinkan lokomotif atau rangkaian kereta api berbalik arah tanpa harus melintir atau bahkan berhenti. Balloon loop dapat berguna untuk rangkaian kereta penumpang dan kereta barang seperti kereta batu bara dan lainnya.

Kelebihan dari balloon loop adalah dapat memutar satu rangkaian penuh dalam sekali jalan. Namun kelemahannya adalah membutuhkan lahan yang cukup luas.

Baca juga : Tahapan Pengujian Prasarana Perkerataapian, menelisik kecangginahan kereta ukur Ciremai, pengenalan alat theodolite.

Penutup

Demikian pembahasan kali ini. Semoga Sobat Keped sudah paham bagaimana cara kereta dapat berputar. tadi adalah beberapa cara dan tempat atau alat yang digunakan untuk memutar lokomotif, kereta dan gerbong, ada alat turn table, Jalur segitiga pembalik dan Jalur balloon loop. Dalam penggunaannya, jenis alat yang digunakan tergantung lahan dan fungsi yang akan digunakan. Jika hanya untuk memutar lokomotif seperti di Depo biasanya menggunakan turn table.

Turn Table Lokomotive

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber amal ibadah bagi kita semua. aamiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here