Fungsi Rel pengaman di tengah jembatan kereta api

0
77

Keretapedia – Saat beberapa hari yang lalu, banyak yang bertanya-tanya khususnya tentang jembatan kereta api jenis jembatan rangka baja. “kok ada rel tambahan ditengah jembatan kereta api itu apa namanya? fungsi dari rel di tengah jembatan kereta untuk apa?” begitu pertanyaan beberapa teman-teman. Mari kita bahas fungsi dari rel pengaman yang ada di tengah jembatan kereta api.

Sebelumnya kita bahas dulu. Bahwa prasarana kereta api terdiri dari Stasiun, Jalur rel, Terowongan dan Jembatan. Jembatan kereta terdiri dari berbagai macam seperti yang telah kita bahas. Sebaiknya anda baca dahulu artikel sebelumnya tentang jenis-jenis jembatan kereta api.

rel pengaman di tengah jembatan
Jembatan rangka baja

Rel Pengaman atau Guard Rail

Jembatan kereta api khususnya pada jenis jembatan baja. Seperti jembatan gelagar baja dan gelagar rasuk baja dilengkapi dengan rel pengaman atau biasa kita sebut guard rail. Guard rail atau tel pengaman adalah rel tambahan yang terletak di tengah jembatan kereta api, mulai dari ujung ke ujung jembatan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No.24 Tahun 2015 tentang Standar Keselamatan Perkeretaapian. Bahwa rel pengaman atau guard rail dipasang pada jembatan baja dengan ketentuan :

  • Jembatan baja dengan bentang lebih dari 20 meter.
  • Jembatan dengan jari-jari lengkung kurang dari 600 meter. dan,
  • Jembatan dengan gradien lebih dari 25 per mil.

Fungsi Rel Pengaman atau Guard Rail :

rel pengaman jembatan kereta api

Fungsi dari Guard rail atau Rel pengaman adalah di tengah jembatan kereta api (Guard rail) adalah :

  • Untuk menahan kereta tetap berjalan ketika anjlog (derailment) di jembatan. Anjlog di awal jembatan atau di tengah jembatan. Dengan adanya rel pengaman di tengah jembatan memaksa kereta yang anjlog tersebut untuk tetap terus berjalan hingga ujung jembatan.
  • Menjaga struktur jembatan dari hantaman kereta anjlog.

Oleh karena itu. Rel pengaman pada tengah jembatan kereta api dipasang merupakan salah satu tujuan utama dari sistem keselamatan yang diterapkan. Kebayang tentunya, jika tidak terdapat rel pengaman, ketika kereta anjlog akan langsung menghantam struktur baja jembatan dan tercemplung kedasar sungai.

Penutup

Kesimpulan dari bahwa rel tambahan yang ada di tengah jembatan kereta api adalah rel pengaman atau guard rail. Rel Pengaman memiliki fungsi untuk memaksa roda kereta ketika anjlog tetap berjalan hingga ujung jembatan. Pemasangan rel pengaman (guard rail) dimulai dari awal jembatan hingga akhir jembatan. Sedangkan design dari rel pengaman jembatan kereta api ini, admin belum menemukan ada aturan terkait.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here