Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis dan Simbol Kapasitor

0
188
Fungsi kapasitor

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Kapasitor – Seberapa seringkah kalian men-charge handphone? atau pernahkah kalian melihat lampu flash dari kamera?  Baterai handphone, lampu flash kamera adalah contoh penggunaan kapasitor dari kehidupan sehari-hari. Alat-alat elektronik yang ada seperti TV, komputer, Laptop menggunakan kapasitor sebagai komponen penyusunnya. Kali ini kita akan membahas tentang pengertian fungsi dan macam-macam kapasitor.

Dari beberapa materi yang dikumpulkan baik dari google dan referensi lainnya, kita akan membahas tentang Pengertian Fungsi dan Jenis-jenis Kapasitor yang sering kita gunakan. yuk simak..

PENGERTIAN KAPASITOR

Kapasitor adalah komponen elektronika yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik, dan secara sederhana terdiri dari dua konduktor yang dipisahkan oleh bahan penyekat (bahan dielektrik) tiap konduktor di sebut keping.

Kapasitor atau disebut juga kondensator adalah alat (komponen) listrik yang dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menyimpan muatan listrik untuk sementara waktu. Pada prinsipnya sebuah kapasitor terdiri atas dua konduktor (lempeng logam) yang dipisahkan oleh bahan penyekat (isolator). Isolator penyekat ini sering disebut bahan (zat) dielektrik.

Zat dielektrik yang digunakan untuk menyekat kedua penghantar dapat digunakan untuk membedakan jenis kapasitor. Beberapa kapasitor menggunakan bahan dielektrik berupa kertas, mika, plastik cairan dan lain sebagainya. Beberapa jenis kapasitor menurut bahan dielektiknya antara lain :

jenis-jenis kapasitor

Kapasitor menyimpan muatan listrik dalam waktu sementara, dalam satuan yang dipakai kapasitor adalah Farad. Farad merupakan nama dari penemu asal inggris yaitu Michael Faraday (1791 ~ 1867). Satuan Farad adalah satuan dengan nilai yang sangat besar. oleh karena itu umumnya Kapasitor yang sering digunakan adalah satuan Farad yang dikecilkan seperti menjadi pikoFarad, NanoFarad dan MicroFarad, seperti dibawah ini :

1 Farad = 1.000.000µF (mikro Farad)
1µF = 1.000nF (nano Farad)
1µF = 1.000.000pF (piko Farad)
1nF = 1.000pF (piko Farad)

KEGUNAAN KAPASITOR

Kegunaan kapasitor dalam berbagai rangkaian listrik adalah :

  1. mencegah loncatan bunga api listrik pada rangkaian yang mengandung kumparan, bila tiba-tiba    arus listrik diputuskan dan dinyalakan
  2. menyimpan muatan atau energi listrik dalam rangkaian penyala elektronik
  3. memilih panjang gelombang pada radio penerima
  4. sebagai filter dalam catu daya (power supply)

3 Bentuk kapasitor :

  1. kertas (besar kapasitas 0,1 F)
  2. elektrolit (besar kapasitas 105 pF)
  3. variabel (besar kapasitas bisa di ubah-ubah dengan nilai kapasitas maksimum 500 pF).

Jenis-jenis Kapasitor

Kapasitor dibagi dua berdasarkan bahan isulator dan nilainya, yaitu :

1. Kapasitor Nilai Tetap

Pengertian dari Kapasitor nilai tetap atau Fixed Capacitor adalah kapasitor yang nilainya tetap tidak berubah-rubah atau konstan. Berikut adalah beberapa jenis dari kapasitor nilai tetap (Fixed Capacitor) sebagai berikut :

Jenis-Jenis Kapasitor Nilai TetapGambarSimbol
a. Kapasitor Keramik (Ceramic Capacitor)

Kapasitor Keramik adalah Kapasitor yang Isolatornya terbuat dari Keramik dan berbentuk bulat tipis ataupun persegi empat. Kapasitor Keramik tidak memiliki arah atau polaritas, jadi dapat dipasang bolak-balik dalam rangkaian Elektronika. Pada umumnya, Nilai Kapasitor Keramik berkisar antara 1pf sampai 0.01µF.
Kapasitor keramikSImbol Kapasitor
b. Kapasitor Polyester (Polyester Capacitor)

Kapasitor Polyester adalah kapasitor yang isolatornya terbuat dari Polyester dengan bentuk persegi empat. Kapasitor Polyester dapat dipasang terbalik dalam rangkaian Elektronika (tidak memiliki polaritas arah).
kapasitor polyesterSImbol Kapasitor
c. Kapasitor Kertas (Paper Capacitor)

Kapasitor Kertas adalah kapasitor yang isolatornya terbuat dari Kertas dan pada umumnya nilai kapasitor kertas berkisar diantara 300pf sampai 4µF. Kapasitor Kertas tidak memiliki polaritas arah atau dapat dipasang bolak balik dalam Rangkaian Elektronika.
Kapasitor KertasSImbol Kapasitor
d. Kapasitor Mika (Mica Capacitor)

Kapasitor Mika adalah kapasitor yang bahan Isolatornya terbuat dari bahan Mika. Nilai Kapasitor Mika pada umumnya berkisar antara 50pF sampai 0.02µF. Kapasitor Mika juga dapat dipasang bolak balik karena tidak memiliki polaritas arah.
Kapasitor MikaSImbol Kapasitor
e. Kapasitor Elektrolit (Electrolyte Capacitor)

Kapasitor Elektrolit adalah kapasitor yang bahan Isolatornya terbuat dari Elektrolit (Electrolyte) dan berbentuk Tabung / Silinder. Kapasitor Elektrolit atau disingkat dengan ELCO. Pada umumnya nilai Kapasitor Elektrolit berkisar dari 0.47µF hingga ribuan microfarad (µF).
kapasitor elektroliteSimbol kapasitor elektrolit tantalum
f. Kapasitor Tantalum (Tantalum Capacitor)

Kapasitor Tantalum juga memiliki Polaritas arah Positif (+) dan Negatif (-) seperti halnya Kapasitor Elektrolit dan bahan Isolatornya juga berasal dari Elektrolit. Kapasitor tantalum tahan terhadap panas dan bentuknya yang sangat kecil membuat harganya lebih mahal dari Kasitor jenis lainnya. Pada umumnya dipakai pada peralatan Elektronika yang berukuran kecil seperti di Handphone dan Laptop.
kapasitor tantalumSimbol kapasitor elektrolit tantalum

2. Kapasitor Variable

Jenis Kapasitor selanjutnya adalah Kapasitor Variabel. Kapasitor variabel adalah Kapasitor yang nilai Kapasitansinya dapat diatur atau berubah-ubah. Ada dua macam kapasitor variabel diantaranya :

Nama KomponenGambarSimbol
a. Varco (Variable Condensator)

VARCO (Variable Condensator) yang terbuat dari Logam dengan ukuran yang lebih besar dan pada umumnya digunakan untuk memilih Gelombang Frekuensi pada Rangkaian Radio (digabungkan dengan Spul Antena dan Spul Osilator). Nilai Kapasitansi VARCO berkisar antara 100pF sampai 500pF
kapasitor varcoSimbil Kapasitor Varco
b. Trimmer

Trimmer adalah jenis Kapasitor Variabel yang memiliki bentuk lebih kecil sehingga memerlukan alat seperti Obeng untuk dapat memutar Poros pengaturnya. Trimmer terdiri dari 2 pelat logam yang dipisahkan oleh selembar Mika dan juga terdapat sebuah Screw yang mengatur jarak kedua pelat logam tersebut sehingga nilai kapasitansinya menjadi berubah. Trimmer dalam Rangkaian Elektronika berfungsi untuk menepatkan pemilihan gelombang Frekuensi (Fine Tune). Nilai Kapasitansi Trimmer hanya maksimal sampai 100pF.
Kapasitor Trimmerkapasitor trimmer

Fungsi dari Kapasitor

Berikut ini adalah rangkuman beberapa fungsi dari kapasitor yaitu :

  1. Fungsi sebagai Konduktor yang dapat melewatkan arus AC (Alternating Current)
  2. Sebagai Isolator yang menghambat arus DC (Direct Current)
  3. Melakukan Filter dalam Rangkaian Power Supply (Catu Daya)
  4. Fungsinya juga dapat sebagai Kopling
  5. Memiliki fungsi dalam pembangkit Frekuensi Rangkaian Osilator
  6. Berperan sebagai penggeser Fasa
  7. Sebagai Pemilih Gelombang Frekuensi (Kapasitor Variabel yang digabungkan dengan Spul Antena dan Osilator)
  8. Sebagai penyaring atau filter. Biasanya fungsi kapasitor ini terdapat di dalam televisi, Radio, amplifier dan barang elektronik lainnya. Penyaring pada radio disini berfungsi untuk menyaring hambatan yang mengganggu dari luar.
  9. Sebagai Penghubung atau kopling. Fungsi ini biasanya terdapat pada amplifier untuk menghubungkan amplifier tingkat rendah ke amplifier tingkat tinggi.Apabila diterapkan pada power supply maka sebagai kopling atau penghubung antara satu rangkaian dengan rangkaian lainnya.
  10. Sebagai Lampu Neon. Ternyata kapasitor mampu mengolah energi menjadi cahaya, dengan fungsi ini Anda lebih bisa untuk menghemat daya listrik yang digunakan.
  11. Pada Antena Kapasitor berfungsi sebagai pengbangkit frekuensi.
  12. Fungsi Kapasitor selanjutnya adalah untuk mencegah terjadinya loncatan listrik. Seringkali terjadi loncatan listrik pada kumparan yang menyebabkan terputusnya arus listrik.
  13. Kapasitor berfungsi untuk menghidupkan mobil. Biasanya pada rangkaian yang terdapat di dalam mobil, kapasitor ini berfungsi untuk menghidupkannya.
  14. Kapasitor pada pesawat berfungsi untuk memilih gelombang informasi yang ditangkap. Biasanya akan memilih frekuensi yang panjang.
  15. Kapasitor berfungsi sebagai penyimpan tegangan listrik sementara.

Baca Juga : Mengenal fungsi dari Buffer stop di kereta api. Mengenal sistem komunikasi FDM pada telekomunikasi.