Stasiun Besitang di Divre 1 Sumatera Utara

0
45
stasiun besitang baru

Kondisi Saat Ini

Keretapedia – Stasiun Besitang terletak di wilayah operasi Divisi Regional 1 Sumatera Utara PT.Kereta Api Indonesia (Persero). Stasiun ini merupakan salah satu stasiun yang terletak diantara lintas Medan – Binjai – Besitang. Kedepannya akan dilanjutkan pembangunan hingga ke Provinsi Aceh.

Alamat

Alamat terletak di Jalan Stasiun Besitang, Bukit Kubu, Besitang, Langkat, Sumatera Utara.

Sejarah

Berdasarkan dari lama Wikipedia, Sejarah pada Stasiun ini sudah tidak beroperasi sejak tahun 2008. Tidak beroperasi kereta api ini karena lintasan kereta antara Medan – Binjai – Besitang prasarana kereta api dilintas ini dirasa sudah tua. Namun saat ini, proses peningkatan dan reaktivasi sedang dalam pelaksanaan. Diharapkan dengan kembali beroperasinya kereta api di lintas Binjai – Besitang, dapat memudahkan masyarakat untuk bepergian ke Kota Medan dengan menggunakan kereta api.

Saat ini, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan telah melaksanakan pembangunan dan reaktivasi pada lintas ini sepanjang 80 km. Reaktivasi jalur kereta api lintas Binjai – Besitang yang sudah digarap, diharapkan dapat menjadikan transportasi kereta api sebagai moda transportasi pilihan.

Baca juga :
Stasiun Pangkalan Brandan lama dan baru.
Mengenal beberapa masalah pada balas rel kereta api.

Selain reaktivasi jalur kereta lintas Binjai – Besitang. Terdapat 7 (tujuh) bangunan stasiun kereta baru yang telah dilakukan perbaikan dan pembangunan diantaranya :

  1. Stasiun Kwala bingei,
  2. Stasiun Stabat,
  3. Stasiun Tanjung Pura,
  4. Stasiun Tanjung selamat,
  5. Stasiun Gebang,
  6. Stasiun Pangkalan Brandan, dan
  7. Stasiun Besitang.

7 (Tujuh) Stasiun baru.

erdapat 7 (tujuh) bangunan stasiun baru, semua bangunan sepertinya dengan typical sama seperti pada design dan struktur bangunannya. Stasiun baru itu dilengkapi dengan :

  • Area Parkir kendaraan yang luas;
  • Ruang tunggu yang cukup luas dan terbuka;
  • Fasilitas yang digunakan sudah modern;
  • Dilengkapi dengan Toilet Difable;
  • Stasiun dilengkapi dengan musholla, dan
  • Stasiun ini dilengkapi dengan peron tinggi.

Penutup

Demikian adalah tentang stasiun besitang yang terletak di Divre 1 Sumatara Utara. Proses peningkatan dan reaktivasi jalur kereta api sepanjang 80 km dari binjai – besitang, Diharapkan dengan peningkatan dan reaktivasi jalur ka kereta api antara Binjai – Besitang diharapkan dapat menjadi primadona moda transportasi.

Mari kita doakan bersama dan memberikan dukungan kepada Direktorat Jenderal Perkeretaapian, agar proses peningkatan dan reaktivasi jalur kereta api antara Binjai – Besitang dapat dieselesaikan tepat waktu serta dapat melayani masyarakat besitang dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here