Inilah fungsi dari Perintang kupu-kupu pada jalur rel kereta api

0
78
Perintang kupu-kupu
Perintang Kupu-kupu | FP Pecinta Kereta Api "AN Drones Railfans"

Perintang Kupu-kupu

Keretapedia – Beberapa hari lalu ada satu pertanyaan dari salah satu member fan pages FB Pecinta kereta api Indonesia sebuah gambar plat besi seperti sayap kupu-kupu. Nama alat tersebut biasa kita sebut perintang kupu-kupu. Apa sih Fungsi dari alat perintang kupu-kupu pada jalur rel kereta api itu? Mari kita bahas. Sebelumnya, jika ada teman-teman yang ingin bertanya, atau disukusi tentang suatu hal dari kereta api. Teman-teman dapat komen dibawah atau email kami melalui cs@keretapedia.com mari berdiskusi bersama.

Pengenalan Perintang Kupu-kupu

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 44 Tahun 2018 tentang Persyaratan Teknis Persinyalan Perkeretaapian. Bahwa Perintang kupu-kupu itu termasuk sebagai alat penghalang sarana kereta api. Penghalang sarana kereta api dibagi menjadi dua jenis yaitu alat perintang dan pelalau.

Baca juga : Jenis-jenis wesel di kereta api. Alat pendeteksi sarana kereta api.

Fungsi Perintang Kupu-kupu

Berdasarkan Permenhub No,44 Tahun 2018. Fungsi dari perintang kupu-kupu adalah sebagai penghalang sarana mekanik yang berfungsi untuk menjamin aman dari kemungkinan adanya luncuran sarana yang mengarah ke jalur kereta api. Alat ini dipasang untuk memastikan bahwa kereta api yang masuk dalam area yang tidak terdapat sistem pendeteksi sarana.

Perintang kupu-kupu dipasang agar kereta yang berada di jalur simpan tidak langsung masuk ke dalam jalur yang memiliki pendeteksi sarana. Sehingga proses keluar dan masuk sarana perkeretaapian di area yang telah dibatasi oleh peralatan tersebut sepengetahuan dan seijin dari PPKA.

Namun perlu diketahui peralatan tersebut bukanlah semata-mata dipasang sebagai “Pengganjal atau Penganjlog” kereta. Namun hanya sebagai tanda “Kunci” saja, jika tidak dipasang seperti itu maka PPKA tidak dapat mengkontrol pergerakan sarana yang keluar atau masuk dalam area tersebut.

Bahan Material Perintang Kupu-kupu

Berdasarkan PM.Nomor 44 Tahun 2018, bahwa persyaratan material dari Perintang kupu-kupu adalah sebagai berikut :

  • Daun perintang terbuat dari plat besi atau bahan lain;
  • Perintang harus dilengkapi dengan pegas perintang yang berfungsi sebagai peredam saat terjadi pelanggaran; dan
  • Daun perintang terbuat dari plat besi atau bahan lain dengan ukuran minimal panjang 60 cm, lebar 20 cm, tebal 2 cm dan berbentuk seperti sayap.

Letak alat Perintang Kupu-kupu

Letak dari alat perintang kupu-kupu biasanya di terletak pada jalur gudang, jalur bongkar, dan/ atau pada jalur simpan (stabling). Perintang kupu-kupu ditempatkan dibelakang sekitar 1 meter dari alat pendeteksi sarana kereta api (track circuit). Perhatikan gambar dibawah ini.

perintang kupu-kupu
Letak Perintang Kupu-Kupu dilapangan
letak perintang kupu kupu
Letak penempatan perintang kupu-kupu | sumber

Kesimpulan

Naah, sudah pahamkan sekarang apa itu perintang kupu-kupu dan apa fungsi dari alat perintang kupu-kupu pada jalur rel kereta api. Mungkin sobat keped mengenal alat ini hanya sebagai pengganjal roda (stop block). Fungsi utama dari alat perintang ini adalah sebagai kunci agar PPKA dapat mengkontrol pergerakan keluar atau masuk sarana kereta api. Agar sarana kereta api tersebut tidak masuk tanpa seijin dari PPKA ke jalur aktif (terlarang).

Demikian penjelasan dan pengenalan singkat dari alat perintang kupu-kupu di jalur kereta api. Semoga bermanfaat bagi kita semua. aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here