Mengenal Logo PT Kereta Api Indonesia dari dulu hingga sekarang

0
44
sejarah logo kai kereta api

Keretapedia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) biasa kita kenal dengan PT KAI adalah sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak sebagai operator angkutan penumpang dan barang di Indonesia. Sejak berdiri dari Djawatan Kereta Api atau DKA pada tahun 1953. Saat itu logo KAI perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah beberapa kali mengalami perubahan logo dari dulu awal DKA (Djawatan Kereta Api) hingga sekarang menjadi PT Kereta Api Indonesia (KAI).

SEJARAH LOGO KERETA API

Bagi sebuah individu atau perusahaan, makna dari sebuah logo adalah melambang semangat untuk menjalankan perubahan berdasarkan pada visi dan misi perusahaan yang ingin dicapai. Termasuk yang terjadi pada perusahaan kereta api indonesia, yang telah mengganti beberapa kali logo perusahaan.

Logo kereta api dari dulu hingga sekarang

Seperti dikutip dari berbagai sumber (Wikipedia, Situs resmi PT KAI, dan dari sumber lain google). Logo PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah berganti logo sebanyak 4 kali sebelum menjadi seperti sekarang ini. Perubahan pada logo PT Kereta Api Indonesia (KAI) menandai bahwa semangat perubahan layanan kereta yang lebih baik lagi.

Baca juga : Fungsi dari Perintang Kupu-kupu dan alat Penganjlog kereta api.

LOGO PERTAMA PT KERETA API INDONESIA (Tahun 1953 – 1988)

logo perusahaan pt kereta api

Logo pertama perusahaan kereta api ini berlaku dari tahun 1953 hingga tahun 1988. Logo pertama KAI berubah empat kali perubahan nama perusahaan mulai dari Djawatan Kereta Api (DKA), Perusahaan Nasional Kereta Api (PNKA), dan Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA).

Awal mula dimulai usai kemerdekaan yakni saat Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) yang mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari Jepang kemudian disahkan oleh Maklumat Kementerian Perhubungan Nomor.1/KA Tahun 1946 menjadi dibentuk Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) dari tahun 1945 sampai dengan 1950.

Kemudian pada tahun 1950 hingga 1963 Perusahaan kereta api berubah dari Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) menjadi Djawatan Kereta Api (DKA) sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Tenaga dan Pekerjaan Umum RI No. 2 Tahun 1950.

Sekitar Tahun 1963 hingga tahun 1971 perusahaan kereta api mengalami perubahan kembali semula Djawatan Kereta Api (DKA) menjadi Perusahaan Nasional Kereta Api (PNKA) sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI No. 22 Tahun 1963.

Pada Tahun 1971 hingga 1991 Perusahaan Nasional Kereta Api (PNKA) berubah menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api atau biasa disingkat PJKA sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI No. 61 Tahun 1971.

Saat pertama kali diresmikan sebagai perusahaan tunggal, logo dari Djawatan Kereta Api awalnya berupa lingkaran, roda bersayap, tulisan DKA, dan tulisan “Djawatan” di bagian atas dan “Kereta Api” di bagian bawah. Dengan diluncurkannya lokomotif CC200 pada September 1953, desain logo roda sayap mulai digunakan pada bagian depan dan belakang lokomotif. Roda tersebut memiliki sayap kembar berjumlah 5 helai. Logo ini kemudian dijadikan logo lokomotif hingga transformasi perusahaan menjadi Perum pada awal tahun 1991.

LOGO KEDUA PT KERETA API INDONESIA (Tahun 1988 – 1991)

logo perusahaan pt kereta api

Pada Tahun 1988 perusahaan kereta api PJKA telah melakukan perubahan logo perusahaan yang semula berwarna hijau dengan gambar badan roda kereta dengan bentangan 5 helai sayap di kedua sisi. Logo kedua dari perusahaan kereta api ini berwarna biru, berbentuk segilima dan dijadikan logo lokomotif sekaligus logo perusahaan.

Logo segilima biru ini tidak bertahan lama mengingat PJKA berkeinginan untuk mengganti logonya lagi hingga akhir 1990. Logo dengan dasar segilima tersebut memiliki tulisan “KA” di bagian tengahnya yang dibentuk dari roda bogie kereta api.

LOGO KETIGA PT KERETA API INDONESIA (Tahun 1991 – 2011)

logo perusahaan pt kereta api
Logo Perumka dan PT KA

Pada tahun 1990 Perusahaan Jawatan Kereta Api atau PJKA bertransformasi menjadi Perusahaan Umum Kereta Api atau PERUMKA sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI No. 57 Tahun 1990. Dalam perubahan logo perusahaan kereta api yang baru, PJKA memberikan kepercayaan kepada Priyanto S dan Indarsjah T. sebagai konsultan desain logo PERUMKA baru dan didesign oleh Iman Sudjudi di Studio OK!. Logo baru PERUMKA tersebut berbentuk huruf “Z” atau logo angka “2” berwarna oranye.

Logo PERUMKA tersebut sebenarnya melambangkan dua siluet kereta api cepat yang berbentuk runcing, dengan arah bolak-balik atau dua arah. Arti dari dua kereta yang berjalan berlawanan arah tersebut dimaksudkan pelayanan kereta api yaitu “memberi dan menerima” dan dibawah logonya terdapat tulisan kereta api.

Logo itu diluncurkan bersama dengan peresmian Perumka pada tanggal 2 Januari 1991. Logo ini berlaku pada PERUMKA, kemudian berubah menjadi PT Kereta Api hingga tahun 2011.

LOGO KEEMPAT PT KERETA API INDONESIA (TAHUN 2011 – SEKARANG)

logo perusahaan pt kereta api indonesia

Logo ketiga dari perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) berganti pada tanggal 28 September 2011. Pada saat itu dilakukan samyembara desain logo baru PT Kereta Api Indonesia (Persero). Sayembara ini dimenangkan oleh Farid Stevy Asta, Vokalis Grup Musik FSTVLST yang menjadi juara 1 desain logo baru.

Logo baru PT KAI menurut Asta terinspirasi dari logo lama KAI huruf “Z”. Logo yang berupa tiga garis lengkung dengan 2 garis berwarna oranye dan satu berwarna biru dibagian bawah. Serta anak panah transparan. Pada logo baru PT KAI tersebut memiliki arti garis-garis sebagai gerakan dinamin dalam mencapai visi dan misi, serta anak panah memiliki arti Nilai Integritas.

Baca juga : Mengenal Kereta Ukur Jalan Rel, dan Jenis-jenis dari Kereta Ukur Jalan Rel yang ada di Indonesia.

Dua garis oranye pada logo tersebut melambangkan pelayanan prima baik internal maupun external demi kepuasan pelanggan, dan berwarna biru melambangkan innovasi dalam memberikan nilai tambah.

LAMBANG LAIN DARI PT KERETA API INDONESIA

lambang perusahaan pt kereta api

Pada tahun 1963, bersamaan dengan pengalihan bentuk perusahaan dari Djawatan ke Perusahaan Negara. PNKA meluncurkan lambang (emblem) yang diberi nama “Wahana Daya Pertiwi”. Wahana Daya Pertiwi bermakna sebagai “transformasi perkeretaapian sebagai sarana transportasi andalan guna mewujudkan kesejahteraan bangsa”. Logo wahana daya pertiwi itu adalah seekor Garuda yang mencengkeram roda kereta dan berkalung perisai segilima bertuliskan “KA”. Roda itu berdiri di atas pita bertuliskan “Wahana Daya Pertiwi”, yang juga menyangga padi dan kapas pada kiri dan kanan lambang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here