Inilah rekomendasi 5 Merk alat ukur lebar jalan rel

    0
    36
    alat ukur lebar jalan rel

    Keretapedia – Standar lebar jalan rel kereta api di Indonesia bervariasi. Tercatat saat ini ada 2 jenis standar lebar jalur rel kereta api antaranya dengan menggunakan standar gauge 1067 mm dan lebar rel 1435 mm. Dalam melakukan pengukuran lebar rel, biasanya menggunakan alat ukur berupa “Track Gauge Meter” yang banyak sekali merk dan negara asal pembuatnya. Berikut ini kita akan membahas, beberapa referensi dari merk alat ukur lebar jalan rel kereta api. Semoga bisa menjadi rekomendasi buat kalian yang ingin membeli alat ukur lebar jalur rel kereta api.

    Baca Juga : Cara Pakai alat ukur lebar jalan rel.

    Pendahuluan

    standar lebar rel kereta
    Ukuran Lebar Jalan Rel Kereta

    Saat ini kereta konvensional seperti kereta api yang dioperasikan PT Kereta Api Indonesia, LRT Palembang dan MRT Jakarta menggunakan standar lebar jalur rel 1067 mm. Sedangkan untuk LRT Jakarta, LRT Jabodebek, Kereta Cepat Jakarta Bandung dan Kereta api konvensional di Aceh dan Sulawesi Selatan standar lebar jalan rel 1435 mm.

    Cara mengukur lebar Jalan rel adalah dengan menaruh mistar atau meteran mulai dari 14 mm kebawah dari atas atau “Top” kepala rel A ke kepala rel B. Maka akan diketahui lebar rel pada lintasan kereta api tersebut. Saat ini ada beberapa alat ukur guna memudahkan pengukuran lebar jalur rel kereta api, salah satunya dengan menggunakan alat ukur track gauge meter atau track gauge measurement.

    Arti Track Gauge Meter

    Alat ukur lebar jalur rel atau biasa kita sebut “Track Gauge Meter” adalah sebuah alat ukur yang berbentuk seperti balok batang besi yang berfungsi untuk mengukur lebar jalur rel atau jarak antara rel yang satu dengan yang satunya. Cara menggunakan alat ukur track gauge meter, taruh alat ukur secara simetris di atas kepala rel dan jarak lebar mulai dari 14mm dibawah top rel.

    Seiring dengan perkembangan jaman, alat ukur lebar rel yang semula manual sudah banyak juga menggunakan secara otomatis pengukuran. Untuk saat ini kita akan bahas tentang alat ukur track gauge meter manual atau analog.

    Baca Juga : Mengenal Kereta Ukur Jalan Rel Indonesia

    Referensi Alat Ukur

    Beberapa referensi yang kami dapat dari rekan kami yang sudah pakai alat ukur pada unit kerjanya masing-masing. Standar Lebar jalan rel Eropa kebanyakan pakai standar lebar rel 1435 mm. Oleh karena itu, beberapa website resmi para produsen alat ukur lebar rel menampilkan data utama menggunakan lebar rel 1435mm. Sedangkan untuk lebar rel 1067 mm termasuk dalam kastem (custome) produksi untuk “narrow gauge”.

    Vogel

    track gauge meter

    Vogel adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang alat ukur perkeretaapian asal Jerman. Lengkapnya adalah Vogel & Plötscher GmbH & Co, KG. Beralamat di Geldermannstr, 4. D-79206 Breisach. Germany. Berdasarkan informasi dari laman resminya, terdapat alat ukur lebar rel dengan spesifikasi sebagai berikut :

    Bance

    alat ukur lebar jalur rel
    Track Gauge Meter | Bance

    Bance berasal dari Negara Inggris (UK) yang berdiri pada tahun 1923 oleh J. H. Perusahaan Bance bisnis utamanya adalah penyediaan komponen rel kereta api internasional, khususnya Amerika Selatan. Bance juga menjual alat ukur lebar jalan rel kereta api untuk 1435mm dan kastem untuk lebar jalur rel lainnya.

    Robel

    alat ukur lebar rel kereta api
    Track Gauge Meter | Robel

    Nama lengkap perusahaan adalah ROBEL Bahnbaumaschinen GmbH. Robel adalah salah satu perusahaan asal Jerman yang sudah terkenal akan alat-alat ukur kereta api. Berdasarkan dari rangkuman yang kami himpun, Robel memiliki alat ukur lebar rel ukuran 1435 mm atau kastem sesuai kebutuhan.

    Abtuslimited

    alat ukur rel kereta api

    Abtus adalah perusahaan alat ukur kereta api yang berasal dari Inggris. Ada beberapa alat ukur yang sudah abtus produksi. Salah satunya adalah alat ukur lebar rel satu ini.

    Geismar

    alat ukur lebar jalan rel

    Geimar adalah salah satu perusahaan terkemuka, selain produksi alat ukur perusahaan ini juga memiliki banyak produk lain bidang perkeretaapian. Anda dapat melihat pada website resminya. Produk lainnya mulai dari alat prasarana hingga alat sarana kereta api.

    Kesimpulan

    Demikian adalah beberapa referensi dan rekomendasi versi dari kami, berdasarkan informasi dari beberapa rekan kami yang bekerja pada bidang prasarana kereta api. Disclaimer dari kami pada artikel ini tidak bermaksud untuk promosi.

    Jika ada masukan dan saran tentang alat ukur lebar rel kereta api, bisa komen aja pada bawah artikel ya. Jika ada masukan dan saran untuk pembahasan yang ingin kita angkat, kirim saja ke alamat email cs@keretapedia.com. Terima Kasih

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here