Inilah Nama Anak Perusahaan PT Kereta Api Indonesia

0
41
anak perusahaan pt KAI kereta api indonesia

Keretapedia – Pada kesempatan saat ini kita akan membahas tentang beberapa nama nama anak perusahaan PT KAI. ada beberapa nama nama anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia. PT Kereta Api Indonesia adalah salah satu Perusahaan BUMN yang bergerak pada bidang jasa transportasi.

Selain melayani angkutan penumpang, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga melayani angkutan barang, seperti angkutan barang batu bara, angkutan peti kemas, angkutan semen, mobilisasi batu balas, dan masih banyak lagi.

Selain angkutan penumpang dan angkutan barang, PT Kereta Api Indonesia juga memiliki anak perusahaan yang bergerak bidang pelayanan dan jasa lainnya baik yang mendukung pelaksanaan PT Kereta Api Indonesia ataupun diluar dari itu.

Sempat juga ada pertanyaan dari salah satu teman. “Apa saja nama anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia?” dan “apa tugas dan fungsi dari masing-masing anak perusahaan PT KAI tersebut?” serta “Nama nama anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia?”. Berikut ini adalah nama nama dari anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia.

NAMA ANAK PERUSAHAAN PT KAI

PT RESKA MULTI USAHA

anak peruahaan pt kai

Nama Anak perusahaan PT KAI yang satu ini adalah PT Reska Multi Usaha atau biasa kita sebut RMU. PT Reska Multi Usaha (RMU) berdiri pada tanggal 2 Juli 2003 dengan status sebagai perusahaan patungan antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan Yayasan Pusat Kesejahteraan Karyawan Kereta Api (pemilik dari perusahaan jasa boga kereta api Pusaka Nusantara).

PT Reska Multi Usaha atau RMU merupakan perusahaan penyedia jasa terbaik untuk mendukung penyelenggaraan perkeretaapian, melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai induk perusahaan.

Sevice On Train, Res Parking, Loko Café, Loko Kantin, Catering, Res Clean, Reska Entertainment dan general trading. Saat ini RMU memiliki 11 kantor cabang pada Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Mempunyai misi menyediakan layanan yang berkualitas tinggi untuk menyelenggarakan perkeretaapian dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

PRODUK PELAYANAN

PT Reska Multi Usaha (RMU) adalah salah satu anak perusahaan yang melayani pada jasa layanan angkutan penumpang kereta api. Bermula dari Restaurant On Train. RMU saat ini terus berkembang untuk merambah berbagai bidang bisnis produk dan layanan lain sebagai berikut :

  • Restorasi kereta api,
  • Pelayanan di atas kereta, 
  • Jasa boga (catering), 
  • Restoran dan kafe,
  • Pengelolaan Parkir, 
  • Housekeeping
  • On-trip cleaning (OTC),
  • Cuci kereta,
  • Res-TV, dan,
  • Pendukung kenyamanan.

Kontak dan ALAMAT Resmi

  • Alamat Kantor PT Reska Multi Usaha :
    Jalan Karang Anyar No.1, RT.13/RW.1 · Stasiun Mangga Besar· (021) 62302540
  • Alamat Kantor PT. Reska Multi Usaha (Branch Office 1)
    Alamat Jl. Manggarai Utara 4 D No.5, RT.5/RW.1Open ⋅ Closes 5PM · (021) 83789432
  • Website : https://www.reska.co.id/
  • Email : humas@reska.co.id

PT KERETA COMMUTER INDONESIA

anak peruahaan pt kai

Nama Anak perusahaan selanjutanya dari PT Kereta Api Indonesia adalah PT Kereta Commuter Indonesia atau biasa kita panggil PT KCI dahulunya adalah PT KAI Commuter Jabodetabek. Sejak tanggal 19 September 2017 PT KCJ telah berganti nama menjadi PT Kereta Commuter Indonesia.

PT Kereta Commuter Indonesia adalah salah satu anak perusahaan PT KAI yang mengelola KA Commuter Jabodetabek dan sekitarnya. Pembentukan KCJ sesuai dengan Inpres No. 5 tahun 2008 dan Surat Menteri Negara BUMN No. S-653/MBU/2008 tanggal 12 Agustus 2008.

Perubahan nama menjadi KCI tertuang dalam risalah Rapat Umum Pemegang Saham pada tanggal 7 September 2017 yang juga telah mendapat Persetujuan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia atas Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas dengan Nomor Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No.AHU-0019228.AH.01.02.Tahun 2017 tanggal 19 September 2017.

Pembentukan anak perusahaan ini berawal dari keinginan para stakeholdernya untuk lebih fokus dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan menjadi bagian dari solusi masalah transportasi perkotaan yang semakin kompleks. Perseroan ini resmi menjadi anak perusahaan PT KERETA API INDONESIA (Persero) sejak tanggal 15 September 2008.

Baca juga :
Jenis-Jenis KRL yang ada di Indonesia
Perbedaan dari MRT, LRT, KRL dan APMS Bandara.

Kehadiran KCI dalam industri jasa angkutan KA Commuter bukanlah kehadiran yang tiba-tiba, tetapi merupakan proses pemikiran dan persiapan yang cukup panjang. Mulai dengan pembentukan Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek oleh PT KAI (Persero), yang terpisah dari PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta.

Setelah pemisahan ini, pelayanan KRL wilayah Jabotabek berada bawah PT KAI (Persero) Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek sementara pelayanan KA jarak jauh yang beroperasi pada wilayah Jabodetabek berada bawah PT KAI Daop 1 Jakarta.

Dan akhirnya PT KAI (Persero) Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek berubah menjadi sebuah perseroan terbatas PT KCJSetelah menjadi perseroan terbatas, perusahaan ini mendapatkan izin usaha No. KP 51 Tahun 2009 dan izin operasi penyelenggara sarana perkeretaapian No. KP 53 Tahun 2009 oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Tugas pokok perusahaan ini adalah menyelenggarakan pengusahaan pelayanan jasa angkutan kereta api komuter. Dengan menggunakan sarana Kereta Rel Listrik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan sekitarnya serta pengusahaan di bidang usaha non angkutan penumpang.

KCI memulai modernisasi angkutan KRL pada tahun 2011 dengan menyederhanakan rute yang ada menjadi lima rute utama. Penghapusan KRL ekspres, penerapan kereta khusus wanita, dan mengubah nama KRL ekonomi-AC menjadi kereta Commuter Line.

Pada 1 Juli 2013. KCI mulai menerapkan sistem tiket elektronik (E-Ticketing) dan sistem tarif progresif. Penerapan dua kebijakan ini menjadi tahap selanjutnya dalam modernisasi KRL Jabodetabek.

Hingga Desember 2019, KCI telah memiliki 1.100 unit KRL, dan akan terus bertambah. Sepanjang tahun 2019, KCI telah melakukan penambahan armada sebanyak 168 unit. Hal ini untuk memenuhi permintaan penumpang yang terus bertambah dari waktu ke waktu.

Selama 2019. rata-rata jumlah pengguna KRL per hari mencapai 979.853. Pengguna pada hari kerja dengan rekor jumlah pengguna terbanyak yang dilayani dalam satu hari mencapai 1.154.080 pengguna. Sebagai operator sarana, kereta Commuter Line yang dioperasikan KCI saat ini melayani 80 stasiun seluruh Jabodetabek, Banten dan Cikarang. Dengan jangkauan rute mencapai 418,5 km.

Kontak dan Alamat

Alamat : Stasiun Juanda, Jl. Ir. H. Juanda I – Jakarta Pusat 10120 Indonesia
Telepon : 021-3453535
Call Center: 121/021-121
Website : krl.co.id
Email : kci@krl.co.id

PT KA WISATA

anak peruahaan pt kai

Selanjutnya dari anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia adalah PT KA Wisata. Sejarah dari PT KA Wisata berdiri pada tahun 2009, PT Kereta Api Pariwisata (INDORAILTOUR) diakui sebagai salah satu pelopor pariwisata berbasis kereta api di Indonesia dan merupakan organisasi mapan dalam industri pariwisata di Indonesia.

Produk Pelayanan

Produk jasa atau layanan PT KA Wisata meliputi paket-paket wisata menggunakan kereta api sebagai transportasi utama didukung dengan angkutan lanjutan, serta layanan penunjangnya seperti tiket domestik dan internasional, membuat paket wisata baik bagi individu maupun kelompok, akomodasi, pengurusan dokumen perjalanan (Paspor, Visa & asuransi) dll.

Kontak dan Alamat :

Berikut adalah kontak dan alamat dari PT KA Wisata :
Alamat : Stasiun Gondangdia Pintu Selatan, Jl. Srikaya I, RT.17/RW.6, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340.
Telpon : (021) 3890-2233
Website : kawisata.id atau indorailtour.com
Email : info@kawisata.id

PT RAILINK

anak peruahaan pt kai

PT Railink merupakan salah satu nama anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II yang menawarkan layanan transportasi umum berbasis kereta api bernama Kereta Bandara.

Sejak berdiri pada 28 September 2006, PT Railink telah berhasil mengoperasikan KA Bandara Kualanamu sebagai KA bandara pertama Indonesia pada tanggal 25 Juli 2013. Kedatangannya telah mendongkrak kredibilitas Bandara Internasional Kualanamu berupa Peringkat Bintang 4 pada penilaian Skytrack. pada tahun 2014.

Produk Pelayanan

Setelah 3 tahun KA Bandara Kualanamu berkembang. PT Railink siap menghadirkan KA Bandara baru di Ibukota Indonesia: KA Bandara Soekarno-Hatta (BSH).

Kereta Bandara Soekarno-Hatta akan melayani jalur Manggarai – Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 36,3 km, melewati Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Batuceper. Kereta ini melayani total 70 keberangkatan setiap hari dengan headway 30 menit, jam operasional yang terus meningkat dengan perubahan jadwal penerbangan, dan kapasitas angkut 33.728 penumpang per hari.

Kontak dan Alamat :

Website : railink.co.id
Email : info@railink.co.id

Berikut ini adalah alamat kantor Railink Jakarta :

PT. Railink
Jakarta Main Office
Stasiun KA Bandara Sudirman Baru (BNI City)
Jalan Tanjung Karang No 1
Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang
Jakarta Pusat

Berikut adalah alamat dari kantor Railink Medan, Sumatera Utara :

PT Railink Medan Branch
Medan Airport Train Station
City Railway Services (CRS)
Jl. Stasiun No. 1 – Medan
Sumatra Utara, Indonesia:

PT KERETA API LOGISTIK

anak peruahaan pt kai

Nama Anak perusahaan dari PT KAI berikutnya adalah PT Kereta Api Logistik. PT Kereta Api Logistik atau PT KALOG adalah anak perusahaan yang dibentuk oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Sesuai dengan Akta No.10 tanggal 8 September 2009 oleh Notaris Fathiah Helmi di Jakarta dan perubahan terakhir sebagaimana dinyatakan dalam akta Notaris Yoshi, SH. M. Kn No.03 tanggal 23 Mei 2018. Dan telah diberitahukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia sebagaimana suratnya Nomor : AHU-AH.01.03-0209983. tanggal 28 Mei 2018

Pemegang saham terbesar PT KALOG adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebesar 99,9% dan Yayasan Pusaka sebesar 0,1%

Produk Layanan :

Maksud dan Tujuan Pendirian Perusahaan PT KALOG untuk melayani distribusi logistik berbasis kereta api dengan kemasan bisnis door to door service. Untuk memberikan pelayanan yang paripurna bagi pelanggan kereta api yang didukung dengan angkutan pra dan purna.

Fungsi dan peran KALOG terhadap jasa layanan adalah sebagai pencipta nilai tambah (value-added creator) sepanjang rantai nilai (value chain) layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh KAI, seperti angkutan barang dan gudang.

Fokus dan penguatan peran penting KALOG pada tahapan Pre-Service dan Post Service dari layanan oleh KAI serta layanan terpadu (integrated-service) berbasis teknologi informasi sepanjang rantai jasa layanan  istribusi logistik.

Saat ini layanan logistic terpadu KALOG telah menjangkau Pulau Jawa dan Sumatera serta Bali dan akan dikembangkan hingga Sulawesi dan Kalimantan untuk layanan KALOG Express.

Untuk memfasilitasi layanan logistik secara terpadu. Saat ini KALOG telah membangun sejumlah infrastruktur jasa logistik, antara lain: terminal kereta api barang di Jakarta, Karawang, Semarang dan Surabaya dan Fasilitas loading/Un-loading Batubara di Sumatera Selatan. Sementara KALOG Express telah hadir dengan jumlah 79 titik  pada sejumlah kota seperti Jakarta , Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta,Surabaya, Malang, dan kota lainnya di pulau Jawa dan Bali.

Layanan :

  • Angkutan semen Indocement
  • Kereta api batu bara Sukacinta
  • Over Night Service
  • Galon Aqua
  • Kalog Express (Palembang)
  • Angkutan berlabel cargo.
  • Kontainer.

Kontak dan Alamat :

Berikut adalah kontak dan alamat dari PT Kereta Api Logistik atau biasa sebut KALOG :
Alamat : Jl. KH. Wahid Hasyim No. 11 A, Jakarta Pusat 10340
Telp : 021 – 3192.2299
Website : www.kalogistics.co.id
Email : cs@kalogistics.co.id

PT KA PROPERTY MANAGEMENT

anak peruahaan pt kai

PT KA Properti Manajemen atau KAPM adalah salah satu nama anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang berdiri pada tahun 2009. Memiliki usaha inti di bidang properti dengan tujuan untuk memaksimalkan pengelolaan aset dan properti milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) maupun pihak lainnya guna memenuhi standar mutu terbaik dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas. Selain usaha inti tersebut, KAPM juga memiliki usaha lainnya yaitu: Konstruksi dan Trading.

Kontak dan ALamat :

Berikut adalah alamat dan kontak :

  • Phone: (021) 345 1040 (021) 345 1404
  • Fax: (021) 345 1087
  • Email: corporate@kapm.co.id
  • Alamat: Stasiun Sawah Besar, Lt. Dasar, Jl. K.H. Samanhudi, Jakarta Pusat 10710

Kesimpulan

Demikian adalah nama-nama dari anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia saat ini. Terdapat PT Reska Multi usaha, PT Kereta Api Logistisik atau KALOG, PT KA Properti Manajemen atau KAPM, PT Railink, PT KA Wisata dan PT KCI. Pembentukan dari anak-anak perusahaan PT KAI dengan maksud agar dapat melakukan pengelolaan secara fokus dan pengembangan usaha dapat lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here