Berapa standar ukuran lebar jalur rel kereta api di Indonesia?

0
43
lebar rel wesel kereta api

Keretapedia – Bicara tentang kereta api, identik dengan 2 hal yaitu roda dan rel. Roda kereta api berjalan menggelinding diatas dua batang rel baja sepanjang jalur kereta api. Dua batang rel baja kereta api antara yang kiri dan kanan memiliki standar ukuran lebar rel kereta yang berbeda-beda. Lantas sebenarnya berapa sih ukuran standar lebar jalur rel kereta api di Indonesia? berikut pembahasannya.

Lebar Jalur Rel

Lebar jalur rel kereta atau lebar jalan rel kereta atau lebar rel kereta atau lebar track kereta atau lebar spur kereta api atau track gauge adalah jarak atau lebar antara batang rel yang kiri dan batang rel yang kanan. Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 60 Tahun 2012 tentang Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api. Bahwa untuk mengetahui dan mengukur lebar jalur rel kereta api adalah dari sisi dalam rel 14 mm kebawah dari top rel.

lebar rel
Cara ukur lebar rel adalah mengukur pada sisi dalam rel 14 mm kebawah dari top rel

Standar ukuran lebar jalur rel kereta dunia yang banyak digunakan adalah ukuran lebar rel 1435mm atau “standart gauge”. Sedangkan untuk standar lebar jalan rel kereta yang kurang dari ukuran 1435 mm biasa sebut “Narrow Gauge”, dan untuk lebar rel kereta yang lebih dari 1435mm biasa sebut “broad gauge”.

Baca Juga : 5 Merk Alat Ukur Lebar Rel

Filosopi Ukuran Lebar Rel Kereta Api

Lebar jalur rel kereta api di Indonesia 1067 mm, terdapat filosofi dasar hubungan antara lebar, ukuran dan posisi roda di atas kepala rel. Hubungan antara lebar dan posisi roda kereta terhadap lebar jalur rel kereta api adalah sebagai berikut :

S = r + 2.f + 2.c

Sumber : Bahan ajar geometri jalan rel.

Ukuran Lebar Rel di Dunia

Berikut adalah standar ukuran lebar jalan rel kereta yang berbeda-beda setiap negara. Seperti pada gambar bawah ini adalah data standar lebar jalan rel yang berbeda-beda setiap negara. Sebagai berikut :

lebar jalan rel
NoLebar Rel (mm)Jenis Lebar Rel (gauge)Negara (wikipedia)
11676 mmBoard gaugeIndia (42.000 km), Pakistan, Argentina, Chili
21668 mmBoard gaugePortugal, Spanyol
31600 mmBoard gaugeIrlandia dan lebar penting yg minor di Australia – Victoria (4,017 km), Brasil (4,057 km)
41524 mmBoard gaugeFinlandia, Estonia
51520 mmBoard gaugeNegara-negara CIS, Latvia, Lithuania, Mongolia
61435 mmStandar GaugeEropa, Amerika Utara, China, Australia, Timur Tengah (60% dari KA dunia), Indonesia (Sulawesi Dan Aceh)
71067 mmNarrow GaugeAfrika Selatan dan Tengah, Indonesia (Jawa & Sumatra), Japan, Taiwan, Filipina, Selandia Baru, Australia (sebagian)
81000 mmNarrow GaugeAsia Tenggara, India (17.000 km, sebagian sedang dikonversi ke Indian gauge, Brazil (23.489 km)

Lebar Jalan rel di Indonesia

Perkembangan kereta api Indonesia mengalami perkembangan yang sangat cepat. Sebut saja beberapa jenis kereta baru ada di Indonesia adalah seperti MRT Jakarta, LRT Palembang, LRT Jabodebek, Kereta Cepat Jakarta Bandung dan Kalayang atau skytrain.

Baca Juga : Inilah cara menggunakan alat ukur lebar rel

Indonesia sendiri menggunakan dua jenis standar ukuran jalur rel kereta api 1067mm dan 1435mm.

Kereta Api Konvensional

Kereta konvensional yang dimaksud adalah kereta yang bergerak menggunakan lokomotif sebagai sarana penggerak. Seperti halnya PT Kereta Api Indonesia (Persero), standar lebar jalan rel di Jawa dan Sumatera menggunakan lebar jalan rel 1067 mm. Kecuali kereta di Aceh dan Sulawesi Selatan yang menggunakan standar lebar rel 1435mm.

MRT Jakarta

MRT Jakarta merupakan salah satu jenis kereta api baru di Indonesia. Standar lebar jalur rel yang digunakan pada MRT Jakarta adalah 1067 mm.

LRT Palembang

LRT Palembang yang terletak di Provinsi Sumatera Selaran yang beroperasi mulai dari Bandara SMB II Palembang – Stasiun DJKA di dekat OPI Mall. Standar lebar jalur rel dari LRT Palembang adalah 1067 mm.

LRT Jabodebek

Pembangunan LRT Jabodebek yang menghubungkan Cibubur – Cawang, Bekeasi – Cawang dan Cawang – Dukuh Atas. Menggunakan standar lebar jalan rel pada LRT Jabodebek adalah 1435 mm.

Kereta Cepat Jakarta Bandung

Kereta cepat Indonesia China atau KCIC atau Kereta Cepat Jakarta Bandung saat ini pembangunan masih sedang dalam pekerjaan. rute yang akan melayani perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Standar lebar jalan rel kereta cepat Jakarta – Bandung menggunakan standar lebar rel 1435 mm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here