Mengenal bagian, komponen dan cara ukur wesel kereta api

0
24
wesel inggris lengkap
Wesel Inggris Lengkap

Wesel Kereta Api

Keretapedia – Sebelumnya pasti ada teman – teman bertanya “wesel itu apa?” eets, ini tentang wesel kereta api berbeda ya dengan wesel kantor pos, bingung kan!! mari kita bahas. Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang wesel kereta api itu apa? apa saja bagian – bagian wesel kereta api? komponen wesel kereta api apa saja? bagaimana cara ukur wesel kereta api? Mari kita bahas satu – satu.

Sebelumnya, artikel ini kami dapatkan dari salah satu kontributor kami yang kebetulan sedang melakukan pengukuran wesel pada instansinya bekerja, dengan maksud dan tujuan hanya ingin berbagi pengalaman dan ilmu tentang wesel KA lebih mendalam. Sebelum lebih jauh, mari kita ingatkan kembali tentang pengertian wesel, fungsi dan jenis – jenis wesel kereta api.

Wesel Kereta

Wesel kereta api atau turnout merupakan salah satu komponen konstruksi jalur rel berbentuk jalur yang bercabang dan wesel kereta api memiliki fungsi untuk kereta berpindah jalur dari jalur satu ke jalur lainnya.

Fungsi Wesel Kereta

Ketika kereta api berjalan mengikuti jalur dari batang baja rel, batang besi wesel yang lancip atau biasa sebut “lidah wesel” bergerak dan mengarahkan kereta ke arah jalur yang kita inginkan. Untuk menggerakan wesel kereta, dapat menggunakan tenaga manusia secara manual untuk menggerakan wesel (wesel setempat) ataupun dapat menggerakan secara otomatis atau elektrik dengan menggunakan sebuah sistem penggerak (motor listrik / motor wesel).

Selain fungsi wesel kereta untuk berpindah jalur. Ternyata wesel kereta menjadi salah satu tempat rawan yang sering terjadi kecelakaan. Kita sering mendengar kejadian kereta seperti anjlogan kereta api tepat pada posisi wesel kereta. Ada beberapa faktor yang menyebabkan gangguan pada wesel wesel kereta seperti :

  • Keausan pada lidah wesel.
  • Fungsi motor wesel tidak bergerak secara sempurna atau lidah wesel terganjal sesuatu benda. dan,
  • Kereta melebihi batas kecepatan yang berlaku pada wesel tertentu yang kereta lewati.

Wesel kereta juga menjadi tempat yang rawan sekali terjadi tindakan sabotase. Hal ini tentu sangat berbahaya, maka dari itu perlu pemeriksaan rutin terhadap wesel kereta agar senantiasa aman dan lancar selalu.

Bagian – Bagian Wesel Kereta

Wesel kereta terdiri dari beberapa komponen wesel dan beberapa bagian wesel kereta sebagai berikut :

Komponen Wesel Kereta Api
  1. Lidah wesel
    Bagian yang dapat bergerak pada wesel; pangkal lidah disebut akar. Sudut tumpu (β) adalah sudut antara lidah dengan rel lantak. Sudut tumpu dinyatakan Dengan tangen tg β = 1:m, dimana nilai m antara 25 sampai 100.
  2. Jarum wesel beserta sayap-sayapnya
    Jarum adalah bagian wesel yang memberi kemungkinan kepada flens roda melalui Perpotongan bidang-bidang jalan yang terputus antara 2 rel. Sudut kelancipan jarum disebut sudut samping arah. rel sayap berfungsi agar flens roda tidak keluar jalur.
  3. Rel lantak
    Suatu rel yang diperkuat badannya yang berguna untuk bersandarnya lidah-lidah wesel.
  4. Rel paksa
    Dibuat dari rel biasa yang kedua ujungnya di bengkokkan ke dalam.
  5. Mesin Wesel (Sistem penggerak)
    Penggerak atau Pembalik wesel adalah mekanisme untuk menggerakkan ujung lidah. Wesel dipasang pada bantalan kayu atau beton dengan ukuran panjang berbeda dengan bantalan pada track (lurusan).

Ukuran Wesel Kereta Api

Ada beberapa ukuran sudut wesel kereta antara lain :

  • Sudut 1:8.
  • 1:10.
  • 1:12.
  • 1:14.
  • 1:16. dan,
  • 1:20.

Pada umumnya besaran sudut wesel kereta pada kereta konvensional saat ini menggunakan sudut 1:10 dan 1:12. Penggunaan sudut wesel tergantung dari rencana muatan konstruki jalan rel dan kecepatan yang akan kita bangun, semakin berat muatan (tonage) yang akan kita lewati dan rencana kecepatan kereta maka sudut wesel kereta pun akan semakin besar.

Ada beberapa cara untuk kita dapat tahu besar sudut wesel kereta. Yaitu dengan cara :

Cara pertama :

Cara pertama ketika kita ingin mengetahui sudut wesel kereta dengan membaca nomor pada bagian batang rel wesel KA. Setiap manufaktur memiliki tanda baca yang berbeda-beda. Dari batang rel wesel ini, cara ukur paling mudah untuk dapat mengetahui langsung besaran sudut wesel kereta.

Membaca nomor pada batang rel wesel kereta, kita dapat mengetahui bahwa wesel kereta tersebut khusus untuk ukuran rel R54 (UIC54), besar sudut wesel adalah 1:10, dan kode “L = left” adalah wesel kiri, dan tulisan “MOT” adalah Ministry of Transportation.

Cara kedua

Untuk mengetahui besaran sudut wesel kereta dengan menggunakan cara yang kedua. Cara ukur wesel kereta api ini sangat mudah, hanya dengan menggunakan mal / meteran.

Cara mengukur sudut wesel kereta api pada gambar atas (Perhatikan gambar pertama). Pertama kita melakukan pengukuran dari ujung jarum wesel, tarik ke belakang secara horisontal sejauh 1 meter menggunakan meteran dan lakukan marking. Setelah itu, lakukan penarikan dengan meteran lain secara vertikal dari atas ke bawah jarum wesel, hasil pengukuran menunjukan angka 10 cm (Gambar kedua), maka kita ketahui sudut wesel KA tersebut adalah 1:10.

Baca juga : Cara ukur lebar rel dengan track gauge meter. Jenis – jenis wesel kereta api.

Jenis – Jenis Wesel Kereta

Kita kenal ada berbagai jenis – jenis wesel kereta api yang dapat digunakan, penggunaan masing – masing jenis wesel kereta api ditentukan dari awal perencanaan pembangunan yang meliputi bentuk lay out jalur, pola operasi dan kebutuhan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis wesel kereta api :

NoJenis Wesel Kereta Api
1Wesel Biasa Kiri
2Wesel Biasa Kanan
3Wesel Simetris
4Wesel Searah Lengkung
5Wesel berlawanan arah lengkung
6Wesel Tiga Jalan
7Wesel Biasa Searah
8Wesel Biasa Berlawanan Arah
9Wesel Searah Tergeser
10Wesel Berlawanan Arah Tergeser
11Wesel Inggris Lengkap
12Wesel Inggris Tidak Lengkap

Contoh Wesel Kereta Api

Cara Ukur Wesel Kereta

Ketika sudah terpasang, wesel KA harus duduk dan kokoh sesuai dengan design rencana dari pabrikasi. Oleh karena itu, kita harus mengecek dan mengukur kedudukan wesel ketika selesai melakukan pemasangan dengan cara ukur sebagai berikut :

Pertama : Siapkan beberapa alat yang harus kita siapkan. Seperti :

  • Siapkan alat tulis dan spidol warna untuk marking tanda.
  • Gambar design pabrikan / manufaktur untuk pemasangan wesel.
  • Penggaris mal (track gauge meter) dan meteran.
  • Formulir pemasangan dan monitoring.

Kedua : Langkah dan Item yang kita ukur pada wesel :

Contoh : Design Wesel 1:10 (Perhatikan nomor letak posisi bantalan wesel)
  • Langkah pertama. Kita akan melakukan pengukuran lebar rel wesel pada bantalan no.1, lakukan pengukuran dan catat. Biasanya pada bantalan pertama standar ukuran lebar rel 1067mm.
  • Langkah kedua. Kita lakukan pengukuran lebar rel pada bantalan no.5. posisi pas ujung lidah wesel. Standar pengukuran sesuai design umumnya lebar rel 1072mm.
  • Langkah ketiga. Lakukan pengukuran bukaan pada ujung lidah wesel (sisi kiri dan kanan). Standar pengukuran 125 mm.
  • Langkah keempat. Lakukan pengukuran lebar rel diantara bantalan no.22 dan n0.23, untuk jalur lurus lebar rel 1067mm dan untuk jalur belok lebar rel 1072mm.
  • Langkah kelima. Pada bantalan no.30 lakukan pengukuran lebar rel. untuk jalur lurus lebar rel 1067mm dan untuk jalur belok lebar rel 1072mm.
  • Langkah keenam. Pengukuran pada alur rel paksa sisi kanan dan sisi kiri wesel, posisi ujung rel paksa dan tengah rel paksa standar ukurannya 34mm.
  • Langkah ketujuh. Lakukan pengukuran lebar jalur rel pada point protection (jarak antara jarum wesel, ke arah ujung terluar rel paksa). Standar ukuran 133mm.
  • Langkah kedelapan. lakukan kembali pengkuran lebar rel pada ujung rel paksa pada bantalan no.42 dengan standar pengukuran untuk jalur lurus lebar rel 1067mm dan untuk jalur belok lebar rel 1072mm.
  • Langkah kesembilan. Pada bantalan no.55 lakukan pengukuran lebar rel tersebut. Ukuran standar 1067 mm.
  • Langkah kesepuluh. Perhatikan fisik wesel. mulai dari baut,penambat rel, insulator, baseplate, plat sambung / hasil pengelasan dan posisi lidah wesel menggantung atau tidak.
  • Lakukan semua hal tersebut secara detail dan cermat. Kemudia, Catat dan sandingkan dengan design.

Dokumentasi Kegiatan Pengukuran Wesel Kereta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here