Mengenal lebih dekat kereta cepat jakarta bandung

0
17
Kereta cepat jakarta bandung

Keretapedia – Mengenal lebih dekat tentang pembangunan Kereta cepat jakarta bandung sungguh sangat menarik. Bagaimana tidak, pembangunan kereta cepat dengan rute Jakarta ke Bandung merupakan yang pertama di Indonesia dan juga di ASEAN. Karakter jalur rel yang menanjak dan berbukit jadikan tantangan besar dalam proses pembangunan. Dalam kesempatan saat ini, kita akan membahas tentang kereta cepat jakarta bandung.

Kereta Cepat Indonesia – China (KCIC) merupakan sebuah perusahaan operator sarana dan prasarana kereta cepat Indonesia dengan rute dari Jakarta ke Bandung. Perusahaan KCIC adalah proyek kerjasama / konsorsium antara Pilar Sinergi BUMN Indonesia dengan sebuah perusahaan China Railway International Co, Ltd.

Konsorsium Pilar Sinergi BUMN Indonesia sendiri terdiri dari 4 (empat) badan usaha milik negara (BUMN) konsorsium diantaranya adalah PT Kereta Api Indonesia (25% kepemilikan saham), PT Wijaya Karya (38%), PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) sebanyak 25% saham dan Jasa Marga sebanyak 12%.

Untuk proporsi kepemilikan saham dari Kereta Cepat Indonesia – China ( KCIC ) yaitu kepemilikan saham 60% dimiliki oleh PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia ( PSBI ) dan 40% saham milik China Railway International Co.Ltd. Untuk BUMN sendiri merupakan gabungan dari empat BUMN, yaitu WIKA dengan penyertaan saham 38%, PT Kereta Api Indonesia ( KAI ) 25%, PT Perkebunan Nusantara ( PTPN ) VIII 25% serta PT Jasa Marga Tbk ( JSMR ) 12%.

Baca Juga :
HSD bahan bakar untuk Lokomotif,
Cara mengukur lengkung rel kereta api.

Kereta Cepat

Seluruh dunia tidak ada standar tunggal dari definisi arti kereta kecepatan tinggi atau high speed railway (HSR), namun definisi kereta cepat dari UIC (International Union of Railways) dan EC Directive 96/58 adalah kereta api yang berjalan dengan kecepatan tinggi sebagai dari sebuah sistem dari sarana kereta (rolling stock) dan prasarana kereta (infrastruktur) yang berjalan secara teratur pada kecepatan minimal 250km/jam untuk jalur baru dan kecepatan kereta 200km/jam pada jalur lama.

Saat ini, rekor untuk kereta tercepat di Dunia pada tahun 2007 yaitu kereta cepat dari Prancis TGV yang mampu melaju dengan kecepatan mencapai 574.8 Km/jam atau 357,16 mile/jam.

Perkembangan

Pada tahun 2008, jepang telah menyampaikan sebuah rencana dan konsep kepada Indonesia bahwa jepang akan melakukan ekspor teknologi kereta kecepatan tinggi seperti Shinkansen. Jepang telah memamerkan teknologi kereta cepat Shinkansen untuk Indonesia pada ajang Festival Persahabatan Indonesia – Jepang yang digelar bulan November 2008. JICA mengusulkan untuk pembangunan kereta kecepatan tinggi shinkansen pada wilayah padat penduduk yaitu mulai dari rute Jakarta ke Surabaya (sepanjang 730 km).

Namun, sayangnya kondisi di Pulau Jawa yaitu kepadatan dan kemacetan yang tinggi lalu lintas transportasinya baik angkutan barang maupun penumpang. Akhirnya, Jepang menyampaikan dalam beberapa tahun belakangan beberapa gagasan pembangunan kereta cepat, mulai dari proposal agar pembangunan kereta cepat dipecah kedalam beberapa tahapan.

Tahapan pertama yang mereka usulkan adalah Rute Jakarta ke Bandung dengan jarak 150km dengan waktu tempuh 35 menit. Perkiraan biaya sebesar 50 triliun rupiah, namun ditunda dengan alasan pembiayaannya terlalu mahal. Walaupun, kita ketahui negara Jepang memiliki reputasi yang baik sebagai produsen kereta cepat dunia yang unggul dan handal. Sepertinya sangat mudah bagi Jepang untuk mendapat kontrak kereta cepat Indonesia. Akan tetapi, semua telah berubah sejak bulan April 2015. Ketika negara Tiongkok ikut serta bersaing memberikan tawaran pembangunan kepada Indonesia.

Tawaran Tiongkok

Dalam kesempatan yang sama, pada bulan April 2015 Tiongkok juga mencoba mengajukan penawaran untuk membangun kereta kecepatan tinggi di Indonesia. Hal ini membuat Jepang terkejut dan mencemaskan karena Jepang telah lama sekali mengincar proyek pembangunan kereta cepat shinkansen di Indonesia.

Dalam proyek pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung, terjadi persaingan antara Tiongkok dan Jepang. Oleh karena itu, pada Juli 2015 Pemerintah Indonesia berniat untuk merencanakan membangun jaringan kereta cepat yang menghubungkan Jakarta dan Bandung, maka Pemerintah menggelar kontes antara Jepang dan Tiongkok sebagai peserta tender.

Setelah berbulan-bulan dalam proses penawaran, akhirnya pada september 2015 Indonesia telah memilih Tiongkok sebagai pemenang proyek kereta cepat senilai 5 dollar AS. Hal ini membuat Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menyatakan sangat menyesalkan dan tidak paham atas pilihan Indonesia. Menurut Menteri BUMN saat itu Ibu Rini Soemarmo, bahwa penawaran kontrak proposal Tiongkok tidak memerlukan jaminan dan pendanaan pemerintah Indonesia.

Prasarana Kereta

Jalur kereta cepat yang sedang dibangun rute Jakarta Bandung memiliki karakter pegunungan dan bukit. Adapun beberapa prasarana yang sedang digarap pada Proyek pembangunan kereta cepat jakarta bandung diantaranya :

  • Pembangunan terowongan sebanyak 13 Terowongan kereta cepat jakarta bandung.
  • Panjang jalur mencapai 142,3 km (sepanjang 80 km akan dibangun jalur layang / elevated. Sisanya on ground).

Sarana Kereta

Dalam proyek pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung akan menggunakan sarana kereta jenis CR400AF. CR400AF yang akan digunakan untuk kereta cepat jakarta bandung merupakan jenis EMU (Kereta electric multiple unit) adalah salah satu generasi terbaru hasil pengembangan dari kereta CRRC Wingdao Sifang (Salah satu produsen besar kereta di China).

Jenis kereta cepat jakarta bandung CR400AF yang akan digunakan mampu berjalan hingga 350 Km/jam hingga 420 km/jam, dengan kecepatan tersebut dilengkapi dengan fitur yang canggih, salah satunya sebuah cabin noise yang mampu menahan getaran lebih rendah dari tipe sebelumnya CRH380A. Selain teknologi cabin noise, kereta CR400AF juga dilengkapi sebuah teknologi alat pengaman terhadap sambaran petir (flash over), fungsi dari flash over untuk melindungi jaringan dan peralatannya dari tegangan abnormal tinggi.

CR400AF berbeda dengan tipe dan produksi sebelumnya. CR400AF yang didesain lebih hemat energi, handal, ditambah memiliki masa penggunaan yang lama. jenis kereta cepat Jakarta Bandung CR400AF terdiri dari 8 gerbong dalam pelayanan hari-hari.

Ukuran Dimensi Kereta Cepat CR400AF adalah :

  • Lebar 3,36 meter;
  • Tinggi 4,05 meter;
  • Panjang 27,2 meter;
  • Intermediate kereta 25 meter.

CR400AF dapat beroperasi pada empat iklim, salah satunya iklim tropis Indonesia. Dengan besar daya setiap rangkaian mencapai 9750 kW, CR400AF mampu memberikan akselerasi yang lebih baik saat melewati trase pada elevasi 30 per mil. Dalam kondisi darurat, CR400AF dapat digunakan sebagai penarik kereta lainnya meskipun dalam kondisi gradien atau elevasi 12 per mil.

CR400AF dilengkapi dengan dua emergency brake. Yang pertama disebut Emergency Brake EB yang bekerja berdasarkan perintah driver controller, fasilitas emergency brake penumpang dan kontrol kewaspadaan masinis. Emergency brake kedua disebut Emergency Brake UB yang akan aktif berdasarkan fungsi Automatic Train Protection (ATP), pendeteksi jarak antar kereta dan pada saat power kereta dalam kondisi off / tidak bekerja. Dengan dua sistem emergency brake ini, CR400AF menawarkan tingkat keamanan yang lebih untuk melindungi kereta pada saat terjadi kesalahan sistem maupun human error.

Rute

Berikut ini adalah informasi mengenai rute kereta cepat jakarta bandung dari Stasiun Halim Jakarta melintasi beberapa stasiun sampai ke stasiun Gedebage Bandung. Berikut ini adalah rute kereta cepat dan stasiun – stasiun kereta cepat jakarta bandung yaitu :

  • Stasiun Halim, Jakarta.
  • Stasiun Karawang, Karawang.
  • Stasiun Walini, Bandung.
  • Stasiun Tegalluar, Bandung. dan,
  • Stasiun Gedebage, Bandung.

Harga Tiket

Kereta cepat Jakarta Bandung yang rencana mampu dengan kecepatan sampai 250 km/jam. Dengan waktu tempuh tersebut mampu sampai Bandung dengan membutuhkan waktu sekitar 35 menit s.d 45 menit.

Sementara untuk harga tiket kereta api cepat jakarta bandung ini adalah sebesar 16 USD (setara Rp. 230.000) dimana jika dirupiahkan akan sesuai dengan nilai tukar rupiah di tahun 2020 mendatang. Harga tiket kereta cepat jakarta bandung tersebut perkiraan bukan harga pasti. Kereta cepat jakarta bandung target akan beroperasi tahun 2021.

Sumber : wikipedia, kcic.com, bisnis.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here