Tahukah kamu fungsi dan cara kerja Deadman Pedal?

0
20
deadman device

Keretapedia – Salah satu faktor Kecelakaan kereta api dapat terjadi salah satunya adalah karena faktor sumber daya manusia yang saat itu sedang bertugas yaitu Masinis dan Asisten Masinis. Untuk memastikan kondisi fisik Masinis yang sedang bertugas yaitu dengan menggunakan instrumen keamanan yaitu deadman pedal yang berada di lokomotif. Tahukah kamu apa fungsi deadman pedal yang ada di lokomotif? bagaimana cara kerja deadman pedal yang ada di lokomotif?.

Deadman Pedal

Deadman Pedal adalah salah satu jenis instrumen dari bagian sistem keamanan kereta api yaitu deadman device, letak atau posisi dari alat ini umumnya berada di kabin masinis. Perangkat ini biasa disebut juga sebagai Deadman Switch atau Driver Safety Device (DSD). Di Prancis itu disebut “VACMA”, singkatan dari “Veille Automatique de Contôle à Maintien d’Appui”.

Fungsi Deadman Device

Alat ini memiliki peran yang sangat penting dalam operasi kereta api. Berikut ini adalah fungsi deadman pedal yang ada di lokomotif adalah :

  • Perangkat Deadman device dipasang untuk memastikan bahwa Masinis selalu berada di dalam kabin lokomotif selama rangkaian kereta api berjalan.
  • Untuk memastikan bahwa Masinis selalu waspada terhadap kereta yang sedang dikemudikannya.
  • Untuk memastikan bahwa kereta akan berhenti ketika kondisi fisik Masinis tiba-tiba pingsan atau meninggal.

Jenis – Jenis Deadman Device dan cara kerjanya

Berikut ini adalah beberapa jenis deadman device dan cara kerja masing – masing deadman device itu sendiri, sebagai berikut :

Deadman – The Switch atau plunger

Deadman Device – tombol switch / plunger | https://halshs.archives-ouvertes.fr/

The Switch atau plunger (Sakelar atau tombol pegas) dipasang di depan panel kontrol masinis. The Switch atau plunger membutuhkan pengoperasian secara berkala, misalnya 2 menit. (Tunduk pada persyaratan Operator Kereta Api) Jika masinis gagal mengaktifkan The Switch atau plunger pada waktu yang ditentukan, alarm berbunyi untuk memperingatkan masinis. Jika masinis tidak melakukan tindakan lebih lanjut maka dalam waktu 3 detik maka sistem pengereman akan bekerja.

Deadman – Pedal kaki

Deadman Device – Pedal Kaki | kompasiana.com

Deadman device selanjutnya adalah deadman Pedal kaki terletak di depan bawah panel kontrol masinis. Cara kerja deadman pedal yaitu dengan cara menginjak kemudian lepas dalam waktu interval tertentu. Misalkan dengan interval selama 90 detik kemudian dilepas selama 30 detik. Jika dalam waktu interval tertentu tersebut tidak dilakukan injak – lepas, maka akan terjadi power control posisi open yang ditandai dengan alarm berbunyi keras “beep,, beep,, beep,,”. Lampu akan menyala dan tekanan silinder rem akan meningkat, kemudia putaran mesin menjadi idle (lokomotif kehilangan tenaga). Jika dalam 10 detik tidak di injak – lepas (reset power control open), rem darurat akan aktif secara otomatis, lokomotif akan berhenti total. Butuh lokomotif penolong untuk melanjutkan perjalanan.

Deadman – Ring

Deadman device tipe Ring, Perhatikan tangan kiri Masinis memegang ring seperti stir kemudi. | http://irse.org.hk/

Ring – French Railway menggunakan “Ring” sebagai instrumen deadman, yang dipasang di bawah pengatur kecepatan (ringnya seperti roda kemudi) pada panel kontrol. Masinis harus memegang ring dan melepaskannya secara berkala. Masinis memegang dan melepaskannya secara teratur. Jika masinis memegang ring lebih dari 20 detik, alarm terdengar berbunyi untuk memperingatkan masinis. Jika masinis tidak melepas ring, pengereman bekerja. Dan jika masinis melepaskan ring selama lebih dari 20 detik, alarm berbunyi untuk memperingatkan masinis. Jika masinis tidak bereaksi, rem akan bekerja. Ini untuk memastikan pengemudi bugar secara fisik.

Kesimpulan

Nah, sekarang sudah tahu kan teman – teman fungsi dan jenis – jenis deadman device. Sedikit rangkuman, bahwa deadman pedal itu merupakan salah satu jenis dari deadman device. Jenis – jenis deadman device yaitu :

  • Tombol.
  • Pedal. dan,
  • Ring (stir kemudi).

Fungsi dari deadman pedal adalah untuk memastikan kondisi fisik dari pengemudi / masinis yang sedang mengoperasikan kereta api, dengan adanya alat ini diharapkan dapat memastikan bahwa masinis sedang dalam keadaan sehat.

Sumber :
http://irse.org.hk/
https://halshs.archives-ouvertes.fr/
https://Kompasiana.com/
https://id.quora.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here