Mengenal istilah Skilu di Jalur Rel Kereta Api

0
84
skilu jalan rel

Skilu / Puntiran

Keretapedia – Sobat keped jalur rel kereta api sangat berbehaya jika terdapat suatu kondisi tertentu, saat ini kita akan membahas tentang istilah dari putiran atau kita lebih mengenalnya dengan istilah Skilu / Twist di jalur rel kereta api. arti dari Skilu adalah suatu kondisi pada empat roda dari suatu sumbu (bogie atau pasangan roda gerbong) tidak sebidang. Bila pada suatu rel terdapat penurunan oleh karena angkatan yang tidak baik, roda yang lewat pada tempat penurunan tidak akan menyentuh rel karena roda tersebut tetap sebidang dengan tiga roda lainnya. Jika terdapat skilu di jalur rel kereta api sangat berbahaya, skilu dapat menyebabkan roda anjlokan (derailment) dan dapat bertambah berbahaya jika jalur rel skilu ditambah dengan keadaan buruk lainnya dari kekakuan sumbu bogie pergerakan mengayuin dan lainnya.

Analoginya gini sobat keped, Ada sebuah meja yang mempunyai jumlah kaki meja 4 buah. antara kaki meja yang lain memiliki beda tinggi yang berbeda, pasti kita akan merasakan meja tersebut terasa “oglek atau jomplang”, naah seperti itu kondisi Skilu di jalur rel kereta api.

Contoh skilu di Jalur rel.

Dari analogi diatas tersebut, kalau di jalur rel kereta api. Beda tinggi rel tersebut akan mengakibatkan terjadinya Puntiran atau bahasa yang kita kenal adalah skilu (twist). Puntiran merupakan parameter penting yang mengendalikan hilangnya tekanan roda tentu juga berbahaya bagi keselamatan perjalanan kereta api. Puntiran diartikan sebagai laju perubahan timbangan pada jarak antar roda yang kaku.

Bogie Skilu
Posisi Roda Kereta Api yang baik, tidak terdapat beda tinggi antara roda 1 dengan lainnya.

Ada beberapa jenis – jenis skilu di jalur rel yang kesemuanya memberikan kontribusi terhadap hilangnya tekanan roda yaitu :

  • Puntiran fisik pada jalan rel (skilu).
  • Puntiran akibat selisih lawan lendut (camber) pada pegas sarana.
  • Puntiran karena rangka bawah sarana.
  • Puntiran karena muatan yang tidak seimbang letaknya.

Kondisi Skilu di Jalur Rel

  • Tidak ada Skilu ( = 0 ). Semua roda dengan ketinggian pegas yang sempurna dan berada diatas rel yang datar.
Skilu Kereta
  • Rel dibawah roda ke-3 lebih rendah x mm, Timbangan roda ke-3 dan 4 = x-x = 0 mm, Timbangan roda ke-1 dan 2 = 0 mm, Perubahan timbangan sepanjang Lm=x mm, Skilu sepanjang Lm = x mm. Jadi besarnya skilu = x/L mm/m.
Skilu Kereta
  • Roda ke-3 dan 4 lebih rendah x mm, Timbangan roda ke-3 dan 4 = x-x = 0 mm, Timbangan roda ke-1 dan 2 = 0 mm, Perubahan timbangan sepanjang Lm = 0 mm, Skilu sepanjang Lm = 0 mm, Jadi besarnya skilu = 0 mm/m.
Skilu kereta api
  • Roda ke-1 dan 3 lebih rendah x mm. Timbangan roda ke-3 dan 4 = x mm. Timbangan roda ke-1 dan 2 = x mm. Perubahan timbangan. Lm = x-x = 0 mm. Skilu sepanjang Lm = 0 mm. Jadi besarnya skilu = 0 mm/m.
Skilu kereta api
  • Roda ke-2 dan 3 lebih rendah x mm. Timbangan roda ke-3 dan 4 = x mm. Timbangan roda ke-1 dan 2 = -x mm. Perubahan timbangan. Lm = x+x = 2x mm. Skilu sepanjang Lm = 2x mm Jadi besarnya skilu = 2x mm/m.
Skilu kereta api

Toleransi Skilu

Skilu adalah perbedaan pertinggian yang sebenarnya antara 2 titik sepanjang 3 m (dalam praktik jarak 6 bantalan). Batas-batas skilu :

  • 4 mm/m (12 mm/3m) = V < 60 Km/jam;
  • 3 mm/m (9 mm/3m) = 60 Km/jam < V < 90 Km/jam;
  • 2,5 mm/m (7 mm/3m) = V > 90 Km/jam.

Baca juga :
Standar lebar jalur rel kereta api.
Kereta Ukur Jalan Rel.
Twist Rail accident

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here