Perbedaan Hubungan Blok Manual dengan Hubungan Blok Otomatik

0
154
sinyal otomatik blok tertutup

Pengertian Hubungan Blok

Hubungan Blok Otomatik merupakan hubungan petak blok antara 2 stasiun berdekatan yang meliputi hubungan blok otomatis terbuka dan tertutup.

Hubungan Blok Manual merupakan hubungan petak blok antara 2 stasiun berdekatan yang meliputi telegraf, blok elektromagnetis, dan blok elektris.

Perbedaan

Dari segi operasi

Hubungan blok manual memiliki ciri khusus yaitu meminta aman, memberi aman, warta lepas dan warta masuk. Ciri-ciri tersebut merupakan prosedur yang harus dilakukan oleh PPKA yang menggunakan blok manual. Pada hubungan blok otomatis, hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi karena semua pergerakan kereta api dapat dipantau melalui meja pelayanan stasiun yang terdapat pada ruang PPKA.

Dari segi teknis

Peralatan yang digunakan pada hubungan blok manual kebanyakan masih menggunakan peralatan mekanik dimana setiap kereta yang akan dijalankan harus diwartakan pada stasiun berikutnya dan memastikan jalur yang akan dilewatinya dalam keadaan kosong (tidak ada kereta api). Berbeda dengan blok otomatik yang seluruh peralatannya sudah menggunakan peralatan elektrik dan sensorik. Alat sensorik tersebut dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan kereta pada lintas. Alat tersebut dapat berupa track circuit dan axle counter.

Dari segi efisiensi

Pada hubungan blok manual, waktu pelayanannya cenderung lebih lama. hal tersebut dikarenakan oleh banyaknya prosedur teknis yang harus dilakukan oleh PPKA untuk memberangkatkan KA sehingga kereta semakin lama. Oleh karenanya hubungan manual banyak digunakan pada frekuensi lalu lintas kereta api sedikit. Pada hubungan blok otomatis, prosedur yang harus dilakukan oleh PPKA tidak serumit manual, waktu yang diperlukan untuk melayani KA lebih singkat sehingga headway antar kereta lebih singkat. Hubungan blok manual sendiri banyak digunakan pada stasiun yang frekuensi lalu lintas KA lebih padat.

Persamaan

Kedua sistem blok tersebut masih menggunakan prinsip persinyalan blok tetap (fixed blok). fixed blok membagi jalan KA menjadi blok-blok kecil yang menentukan seberapa jauh kereta akan dipisah. Blok-blok tersebut dibatasi oleh sinyal utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here