3 Bencana kecelakaan kereta api terparah di Dunia

0
44
kecelakaan kereta terparah di dunia

Bencana kecelakaan kereta api terparah di Dunia – Kereta Api adalah salah satu sarana transportasi primadona yang sangat berguna untuk semua orang di seluruh dunia. Kita ketahui bahwa kereta Api sudah ada sejak tahun 1800an dan digunakan untuk industri di Inggris mulai dari kereta uap hingga sekarang menjadi kereta cepat bullet train atau ‘kereta peluru’.

Dalam sekali perjalanan, kereta api dapat mengangkut ribuan orang dan juga barang. Walaupun kereta api banyak diminati karena kegunaannya yang dapat mempersingkat waktu perjalanan, namun kereta api tidak selalu aman untuk digunakan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya bencana kecalakaan kereta api, seperti kelalaian manusia, kereta anjlog atau tergelincir, pemeliharaan jalur rel kereta api yang kurang baik, peralatan yang rusak, tabrakan dengan kereta lain, jembatan yang runtuh dan beberapa macam bencana yang lain. Berikut adalah beberapa kejadian tentang bencana kereta api terparah di dunia versi Keretapedia.

Kecelakaan Kereta Queen of the Sea, Sri Lanka

Bencana kecelakaan kereta api terparah di dunia yang pertama yaitu tepatnya pada kecelakaan kereta api di Sri Lanka ini. kecelakaan kereta api terparah menurut kami ini salah satu bencana kecelakaan kereta terbesar di dunia. Dalam kecelakaan kereta api ini memakan korban sekitar kurang lebih 1700 orang. Terjadi pada 26 Desember 2004, kereta tersebut bernama Matara Express. Matara Express adalah kereta api yang beroperasi melewati jalur di kota Kolombo dan Galle.

Kereta tersebut mempunyai rute yang melewati pesisir pantai dari sisi barat daya Sri Lanka, 200 meter jauh dari sisi laut. Pada awalnya, stasiun pemantau gempa di Sri Lanka sudah memprediksi bahwa akan ada gempa, namun tidak berpotensi tsunami. Ketika laporan bahwa akan adanya tsunami mencapai ke stasiun di kota Maradana, para petugas berhasil memberhentikan 8 kereta lainnya, tetapi tidak berhasil memberhentikan Matara Express, yang akhirnya tetap berjalan dan terkena hantaman tsunami. Kejadian tersebut adalah salah satu bencana kereta api terparah di dunia, karena telah memakan korban terbanyak dari seluruh bencana kereta api yang telah terjadi. (Sumber : wikipedia)

Kecelakaan Kereta Api di Bihar, India

kecelakaan kereta di india

Kecelakaan kereta api di Bihar ini terjadi pada 6 Juni 1981, kereta tergelincir dari jembatan dan terjun ke sungai Baghmati di Bihar. Kereta tersebut melewati rute dari kota Mansi ke Saharsa, India. Walaupun tidak terlalu diketahui apa yang menyebabkan kereta tersebut tergelincir, namun ada beberapa isu yang mengatakan bahwa masinis kereta menarik rem dengan mendadak karena ingin menghindari sapi yang jalan di tengah rel kereta. Bukan hanya itu saja, terdapat isu tentang tiba-tiba adanya badai siklon yang menghempas kereta dengan kondisi licin dikarenakan hujan.

Pada saat itu, peluang untuk menyelamatkan kereta itu sangat kecil, karena hujan yang makin deras, yang menyebabkan tim penyelamat terlambat untuk datang menolong kereta dan para penumpangnya. Ketika mereka sampai pada tempat kejadian bencana, tim penyelamat memakan waktu berhari-hari untuk mencari penumpang yang masih bertahan hidup. Mereka hanya dapat mengkonfirmasi sekitar 250 kematian, dan sekitar 800 penumpang lainnya tidak dapat ditemukan. Bencana ini juga adalah salah satu dari bencana kereta api terparah di dunia, karena kejadiannya yang miris dan memakan korban kedua terbanyak dari bencana kereta api lainnya yang telah terjadi. (sumber : wikipedia, indiatoday.in)

Kecelakaan Kereta Saint-Michel-de-Maurienne di Prancis

kecelakaan kereta terbesar di dunia

Kecelakaan kereta Saint-Micehl-de-Maurienne di Paris terjadi pada 12 Desember 1917, adalah kecelakaan kereta yang membawa pasukan tentara Prancis sekitar 1000 orang. Kereta tersebut sedang membawa pulang para pasukan pada saat Perang Dunia Pertama. Kejadian tersebut terjadi ketika panglima perang baru yang memimpin pasukan Prancis mengizinkan para pasukan untuk pulang.

 Lalu direncanakan transportasi kereta api untuk mengantar para pasukan Prancis dari Vicenza. Kereta tersebut meninggalkan stasiun Modane, dimulai dengan berjalan sangat pelan menuruni bukit, namun kereta mulai melaju dengan kecepatan tinggi yang tidak terkendali. masinis kereta mencoba untuk menarik rem, namun tidak terjadi apa-apa, dikarenakan kelebihan beban pada kereta yang menyebabkan kereta tergelincir dari relnya.

Gerbong kayu pada kereta itu menabrak satu sama lain dan terjadi kebakaran yang terpicu oleh gesekan rem yang terlalu panas, dan juga lilin yang dibawa kedalam kereta karena terjadinya pemadaman listrik. Bukan hanya itu, kebakaran juga terjadi karena granat dan bahan peledak lainnya yang dibawa tanpa izin dari para pasukan. Kebakaran itu tidak padam sampai hari berikutnya, yang memakan korban sekitar 400 orang; sekitar 100 yang tidak dapat diidentifikasi, 100 orang yang meninggal di rumah sakit, dan total sekitar 600 sampai 800 korban. Kecelakaan kereta ini memakan sangat banyak korban, yang menjadikannya sebagai bencana kereta api terparah di dunia, karena bukan hanya kereta tersebut tergelincir, tetapi juga hangus terbakar. (sumber : wikipedia)

Demikian adalah beberapa bencana kecelakaan kereta api terparah di Dunia versi keretapedia. Bencana acapkali terjadi dan tidak dapat dihindari seperti gempa dan tsunami atau bencana lainnya. Tetapi bencana seperti kelalaian dari manusia seharusnya dapat dihindari. Walaupun sebagai penumpang, kita hanya bisa berharap dan berdoa untuk perjalanan yang aman dan selamat sampai tujuan.

Baca juga :
1. Cara ukur tinggi dan deviasi kawat Listrik Aliran Atas KRL;
2. Perbedaan sistem blok manual dan blok otomatik.

Terlebih pada saat ini dimana adanya virus Covid-19, kita harus selalu menjalankan prosedur keamanan, seperti memakai masker dan selalu mencuci tangan, agar tidak tertular. Alhamdulillah, puji syukur kita juga dapat berterima kasih kepada yang maha kuasa karena di jaman sekarang yang sudah canggih, segala resiko kecelakaan dapat terus diminimalisir bahkan sudah hampir tidak ada kecelakaan kereta api yang sangat buruk seperti cerita-cerita bencana kereta api terparah di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here