Mengukur jarak vertikal dan horisontal third rail LRT

0
62
LRT Jabodebek
LRT Jabodebek | Balai Pengujian Perkeretaapian

Keretapedia – Third rail atau rel ketiga adalah suatu metode penghantar listrik yang berfungsi untuk menggerakan kereta berpenggerak listrik yang terletak disamping sarana kereta. Berbeda halnya dengan metode penyediaan tenaga listrik pada KRL yang menggunakan jaringan listrik aliran atas (LAA) yang terletak diatas sarana. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya tentang bagian-bagian komponen Third Rail (rel ketiga) di LRT, kita akan membahas tentang cara mengukur jarak vertikal dan horisontal third rail atau rel ketiga LRT.

Pemasangan third rail atau rel ketiga pada LRT memiliki standar ukuran yang digunakan untuk memastikan sentuhan/kontak langsung antara konduktor third rail dengan Current Collector Shoe (CCS) berjalan dengan baik, hal ini berfungsi agar tidak terjadi beberapa hal sebagai berikut :

  • Dapat terjadi Loss Power ketika tidak bersentuhan;
  • Contact Shoe Tidak keluar/menyimpang dari third rail;
  • Tidak cepat mengalami keausan pada Contact Shoe.

Berdasarkan Keputusan Presiden nomor KP.567 tahun 2016 dan perubahannya Keputusan Presiden KP.Nomor 765 tahun 2017, ukuran untuk beda tinggi (vertikal) dan beda lateral (horisontal)

Standar Ukuran

Sesuai dengan standar ukuran yang digunakan, posisi beda tinggi (vertikal) diukur dari ujung kepala rel (TOP = Top of Rail) ke posisi kepala third rail. Proses pengukuran menggunakan dua alat ukur yang berbeda yaitu alat ukur zig dan roll meter, pengukuran dilakukan disetiap bracket third rail. Untuk third rail yang berada diujung (ramp) memiliki ukuran yang berbeda.
a) Beda Tinggi (Vertikal) : 240 mm (+- 5mm);
b) Lateral (Horisontal) : 53 mm (+- 5 mm).
c) Untuk di Ramp (Vertikal) : 330mm (- 3mm & +5mm) untuk posisi paling bawah dari third rail. untuk posisi third rail paling atas ukuran vertikalnya 370 mm (-3mm & +5mm).

Baca juga :
1. Mengenal perbedaan MRT, APMS, LRT, dan KRL.
2. Cara ukur beda tinggi dan deviasi Listrik Aliran Atas.

Galeri Pengukuran

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi dari teman-teman Balai Pengujian Perkeretaapian yang sedang melakukan pengukuran beda tinggi dan lateral pada LRT Jabodebek.

jarak lateral third rail LRT
Mengukur jarak horisontal antara rel dengan third rail
beda tinggi third rail LRT
Mengukur beda tinggi antara rel pada posisi ujung third rail
beda tinggi third rail LRT
Mengukur beda tinggi antara rel dengan third rail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here